Pemerintah Perkuat Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Syariah

Saturday 27 Apr 2024, 2 : 02 pm
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin memberikan arahan kepada Menpanrb Abdullah Azwar Anas mengenai strategi penguatan kelembagaan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (26/4/2024).

JAKARTA – Pemerintah  terus melakukan penataan dan penguatan kelembagaan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dalam rangka memperkuat pemerintah dalam memajukan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Hal itu ditegaskan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas usai bertemu Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jumat (26/4/2024).

Dalam pertemuan ini, Menteri Anas melaporkan strategi dan progres penguatan kelembagaan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Ia menyampaikan bahwa Wapres menyampaikan beberapa arahan dan masukan terhadap penataan kelembagaan KNEKS.

Pemerintah berharap agar hasil dari penataan kelembagaan ini memperkuat pemerintah dalam memajukan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

“Pemerintah concern pada penguatan kelembagaan KNEKS ini sebagai salah satu bagian ikhtiar menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia,” ujarnya

Penataan kelembagaan KNEKS ini dalam prosesnya telah melibatkan beberapa kementerian dan lembaga terkait, serta telah memasuki tahap akhir penyelesaian.

“Penguatan kelembagaan KNEKS ini dilakukan mulai dari penajaman fungsi, penguatan hingga ke komite di daerah,” ungkapnya.

Dalam pertemuan ini, Menteri Anas juga melaporkan terkait pembukaan 110.553 formasi aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Agama.

Formasi tersebut diantaranya adalah penyuluh agama, penghulu, dosen di perguruan tinggi keagamaan negeri, dan lain sebagainya.

Wapres menyampaikan apresiasi atas langkah kolaboratif Kementerian PANRB dan Kementerian Agama yang membuka ruang lebih luas pada formasi ASN bidang keagamaan hingga pendidikan keagamaan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kader Gerindra Deklarasikan Prabowo-Anies

JAKARTA-Duet capres-cawapres Prabowo-Anis Baswedan mulai digadang-gadang ke masyarakat. Bahkan duet

Kronologis Kontrak Kerja Sama WK Mahakam

JAKARTA-Pemerintah telah memutuskan pembagian interes dalam pengelolaan blok Mahakam.  Terhitung