Pemudik Wajib Tahu, 3 Jalan Tol Terpanjang di Pulau Jawa

Wednesday 10 Apr 2024, 9 : 49 pm
Salah satu ruas tol terpanjang di Pulau Jawa

JAKARTA – Mudik ke kampung halaman saat Lebaran menjadi tradisi yang lekat bagi masyarakat kita. Apalagi setelah pemerintah membangun sejumlah infrastruktur penunjang aktivitas mudik, seperti jalan tol. Setelah jalan tol dibangun dimana-mana, pergerakan pemudik saat libur lebaran meningkat tajam.

Tapi tahu kamu jika ada 3 Jalan Tol terpanjang di Pulau Jawa  dan memiliki spot favorit selama melintasinya.   Berikut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah merangkum 3 Jalan Tol yang ada di Pulau Jawa merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa dan ramai dilintasi oleh pemudik menuju kampung halaman :

  1. JalanTol Cikopo  Palimanan

Jalan Tol Cikopo – Palimana memiliki total panjang 116,75 Km merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang melintasi Cikopo, Subang, Purwakarta hingga Palimanan tersambung langsung dengan Jalan Tol Jakarta – Cikampek dan diteruskan ke Jalan Tol Palimanan – Kanci tersambung ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Jalan Tol ini memiliki akses tol langsung menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan tersambung juga ke Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

  1. JalanTol Solo  Ngawi

Jalan Tol Solo – Ngawi yang memiliki total panjang 90,43 Km merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa menghubungkan 2 provinsi yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Jalan Tol ini juga memangkas waktu tempuh perjalanan lebih cepat menjadi waktu 1 hingga 1,5 jam menggerakkan roda perekonomian di di wilayah Solo – Ngawi dan sekitarnya.

  1. JalanTol Ngawi  Kertosono

Jalan Tol Ngawi – Kertosono memiliki total panjang 85,46 Km yang menghubungkan Ngawi dengan Kertosono dan sudah beroperasi sejak tahun 2018.

Jalan Tol ini memiliki 4 seksi, yaitu Seksi 1 Ngawi – Madiun, Seksi 2 Madiun – Caruban, Seksi 3 Caruban – Wilangan, dan Seksi 4 Wilangan – Kertosono.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemenpar Siap Dukung Industri Pariwisata

JAKARTA-Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, pemerintah terus mendukung industri

Tercatat 44,6% Pengusaha Terjun ke Politik

JAKARTA-Trend pengusaha terjun ke politik makin banyak. Tercatat sekitar 44,6%