Pengembangan Jasa Industri Dalam Menopang Hilirisasi

Saturday 16 Sep 2023, 8 : 59 am
by
Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Doddy Rahadi

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) fokus mendukung pengembangan jasa industri untuk menopang kebijakan industrialisasi berbasis hilirisasi industri.

Jasa industri merupakan industri yang berperan sebagai faktor pemungkin (enabler) bagi pengembangan industri andalan secara efektif, efisien, integratif dan komprehensif.

Pemerintah menilai bahwa jasa industri dapat menunjang kegiatan sektor industri pengolahan serta sektor lainnya untuk memberikan kontribusi yang tinggi terhadap PDB Nasional.

“Seperti halnya pada jasa logistik dan distribusi industri memiliki potensi yang tinggi untuk mendukung program hilirisasi industri,” kata Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Doddy Rahadi di Jakarta, Jumat (15/9).

Data Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa sektor transportasi dan pergudangan pada tahun 2022 tumbuh paling tinggi, hingga mencapai 19,87%.

Diperkirakan, logistik sektor industri pengolahan menjadi potensi yang paling besar pada tahun 2023.

Selain jasa logistik industri, terdapat jasa lain yang berpotensi menjadi pendorong proses hilirisasi, seperti jasa pengepakan untuk peningkatan nilai tambah produk, desain produk industri, kegiatan riset dan pengembangan produk-produk hilir, perawatan mesin dan peralatan industri, hingga jasa rancang bangun dan konstruksi industri yang menjadi potensi terbesar dalam peran jasa industri sebagai lokomotif pembangunan industri hilir di Indonesia.

Jasa Engineering, Procurement, dan Construction (EPC) atau jasa rancang bangun dan konstruksi industri menjadi salah satu jasa yang sangat dibutuhkan dalam membangun infrastruktur fasilitas pengolahan bahan mentah menjadi beragam produk yang memiliki nilai tambah tinggi.

Pemerintah melalui Kemenperin berkomitmen untuk terus mendukung pelaku Jasa industri EPC nasional dalam mengerjakan proyek-proyek pembangunan industri baru maupun perluasan industri.

Terlebih lagi, jasa EPC di Indonesia memiliki peluang yang semakin besar dengan adanya potensi investasi dengan nilai sebesar USD44,9 Miliar untuk proyek pembangunan industri petrokimia dan USD54,64 Miliar untuk proyek pembangunan industri pengolahan logam.

”Harapannya ke depan jasa industri dapat memberikan nilai tambah tinggi pada produk hilir dengan cara meningkatnya kualitas penggunaan material dan peralatan, serta teknologi jasa industri sehingga dapat menjadi penunjang utama dalam proses hilirisasi industri di Indonesia. Selain itu, kebijakan hilirisasi dapat meningkatkan pertumbuhan industri nasional guna mendorong peningkatan PDB Indonesia,” kata Doddy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Anies Relokasi Monumen 66, Fahira Idris: Terima Kasih Tetap Abadikan Perjuangan Generasi Terdahulu

JAKARTA-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan perpindahan atau relokasi Monumen

INKA Layani Manggarai-Soetta 30 Menit

JAKARTA-PT Railink, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencoba