Peran Maksimal ALFI Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Tuesday 20 Feb 2024, 9 : 38 pm
Wapres Ma’ruf Amin menerima audiensi DPP ALFI di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Selasa (20/02/2024).

JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta  peranan maksimal dari pihak industri logistik mulai dari pendistribusian barang hingga peningkatan proses pemasaran guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

Hal itu diungkapkan wapres saat menerima audiensi Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Selasa (20/02/2024).

“Namun implementasinya, masih kerap ditemukan tantangan yang terjadi saat dilakukan harmonisasi peraturan hingga adanya biaya yang tinggi,”kata wapres.

Oleh karena itu, berbagai pihak yang terkait industri logistik, salah satunya ALFI harus dapat memberikan kontribusi terbaiknya dalam memaksimalkan peran logistik, diantaranya melalui kajian tentang skema konkret mengenai praktik baik yang dapat ditindaklanjuti lebih jauh.

Baca juga :  Kepentingan Bisnis Jangan Dominan Di RUU Penyiaran

“ALFI coba mencari model [penerapan sistem logistik terbaik]. Bisa juga ada beberapa alternatif [model sistem yang diajukan]. Nanti yang terbaik yang kita ambil,” tegasnya.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, riset ini sangat krusial diinisiasi oleh pelaku usaha sebagai pihak yang paling memahami kondisi di lapangan.

“Pengusaha yang tahu persis, yang menyelami, mengerti letaknya dimana, dimana masalahnya. Harusnya bisa membuat konsep yang coba diajukan ke pemerintah,” imbuh Wapres.

Sementara terkait referensi praktik baik (best practice) ini, wapres mengimbau agar DPP ALFI dapat mempelajari sistem-sistem yang telah dilakukan di negara lain dan terbukti keberhasilannya.

“Kita lihat mana yang best practice- nya. Apa Thailand punya? Beberapa sistem investasi bisa kita ambil dari Thailand. Saya kira dalam masalah logistik bisa kita cari,” imbau Wapres.

Baca juga :  Intan Fauzi Usul Anggaran Pemeliharaan Situ Ditingkatkan

Menutup arahannya, Wapres kembali menegaskan perlunya masukan dari para pelaku usaha terkait skema model terbaik dan menunggu sumbangsih pemikiran ALFI dalam menguatkan sistem logistik di Indonesia.

Bisa Kompetitif

“Supaya kita bisa bersaing, bisa kompetitif di dalam menghadapi masalah ini. Apalagi kalau kita sudah mulai go global. ALFI harus membuat konsep ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP ALFI M. Akbar Djohan melaporkan tentang kepengurusan DPP ALFI masa bakti 2023-2028.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah urnalis perempuan yang dikenal karena kemampuannya dalam membuat liputan investigatif yang mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Polisi Amankan Ade Muslim, Perakit Senpi Ilegal

TANGERANG-Polisi mengamankan Ade Riahan Muslim (29 tahun), perakit senjata api

Armada Berjaya Trans Tambah 18 Unit Armada Colt Diesel Double Box

JAKARTA–PT Armada Berjaya Trans Tbk (JAYA) telah melakukan penambahan sebanyak