Perlindungan Sosial Bagi Kaum Tani dan Kewajiban Pemerintah

Kamis 7 Feb 2013, 7 : 11 pm
by

Oleh: Tejo Pramono

Perdebatan mengenai upaya pengadaan jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang kini tengah berlangsung sungguh sangat menarik. Satu hal terdapat sebuah langkah maju untuk mendiskusikannya secara terbuka soal mengenai betapa pentingnya jaminan sosial bagi seluruh rakyat.

Maklum, rasa ketidakadilan di tengah-tengah rakyat semakin menguat. Selama ini hanya sebagian kecil saja rakyat yang bisa mendapatkan jaminan sosial, seperti pegawai negeri (PNS), karyawan perusahaan swasta dan tentara-polisi. Selebihnya, rakyat kebanyakan, utamanya kaum tani, sama sekali tidak mengenal istilah jaminan sosial.

Bagi keluarga tani, ongkos pelayanan kesehatan sangat mencekik leher. Mereka harus membayar lebih besar dari pada yang di bayar oleh PNS bila berobat ke rumah sakit. Padahal pemerintah juga tahu bahwa taraf pendapatan kaum tani sangat jauh di bawah PNS.

Di sisi lain, kita juga khawatir manakala pelaksanaan jaminan sosial untuk kaum tani, ternyata mensyaratkan semacam iuran dimuka yang justru makin memperberat ekonomi keluarga tani.

Gambaran mengenai pertanian Indonesia dan kaum tani berikut ini semoga bisa memberikan inspirasi mengenai jenis perlindungan sosial seperti apa yang dibutuhkan oleh kaum tani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

IHSG

IHSG Berakhir Menguat 0,26% di Tengah Melemahnya Bursa Asia

JAKARTA-Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup

Pemilihan Langsung Gubernur Dihapus? Ini Alasannya

Oleh: Yanuar Prihatin Hari-hari terakhir banyak media mengutip pernyataan Ketua