Pertamina Geothermal Energy Kantongi Modal untuk Optimalkan Panas Bumi di Indonesia

Monday 28 Aug 2023, 5 : 19 pm
by
Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Julfi Hadi dan Direktur Eksplorasi dan Pengembangan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Rachmat Hidajat sedang melakukan kunjungan ke Lapangan Olkaria I, lokasi pembangkit listrik panas bumi tertua di Kenya didampingi oleh representatif Marubeni Power & Infrastructure Systems Corporation dan KenGen

NAIVASHA-PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGE) (IDX: PGEO) mengunjungi Lapangan Olkaria I yang merupakan lokasi pembangkit listrik panas bumi tertua di Kenya.

Kunjungan ini melengkapi rangkaian agenda Pertamina Geothermal Energy di Kenya setelah sebelumnya menandatangani nota kesepahaman penambangan potensi bisnis panas bumi dengan AGIL.

Pada kunjungan ini, Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Julfi Hadi didampingi oleh Unit Director Marubeni Power & Infrastructure Systems Corporation Akihisa Tomioka dan Tazio Kawai serta Operation Manager Olkaria KenGen Francis Makawababerkesempatan untuk site tour ke Olkaria I.

Kunjungan ke pembangkit milik Kenya Electricity Generating Company PLC (KenGen) ini dilakukan pada Selasa (22/8) waktu setempat.

Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Julfi Hadi mengatakan banyak pengetahuan yang diperoleh dari kunjungan ke Olkaria I ini.

“Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi lanjutan (technology advancement) yang sudah diimplementasikan oleh KenGen dan Marubeni dalam operasional PLTP di Olkaria I,” katanya.

Marubeni sendiri merupakan perusahaan asal Jepang yang menjadi main contractor EPCC (Engineering Procurement Construction and Commissioning) untuk Olkaria I Unit 6.

Selain di Kenya, Marubeni juga terlibat dalam EPCC Lumut Balai Unit I milik Pertamina Geothermal Energy.

Dalam penggunaan teknologi, PLTP tertua Kenya ini memiliki teknologi yang terintegrasi dari berbagai original equipment manufacturer (OEM) di dalam satu komplek.

Lapangan Olkaria menerapkan teknologi GWGU (Geothermal Wellhead Generating Unit) di salah satu Unit dengan kapasitas 88,5 MW.

Teknologi ini memungkinkan uap dari kepala sumur langsung masuk ke fasilitas produksi tanpa perlu menunggu kumulasi hingga kapasitas tertentu yang bertujuan membuat produksi listrik menjadi lebih cepat sehingga dapat monetisasi sumur-sumur yang telah dibor.

PLTP ini juga memanfaatkan air hasil proses pemisahan uap (brine water) yang sudah diproses yang kemudian akan diinjeksi kembali ke reservoir.

Pada kesempatan ini, representatif KenGen menyambut baik kunjungan Pertamina Geothermal Energy.

Diharapkan dengan dilakukannya kunjungan ini baik Pertamina Geothermal Energy maupun KenGen mendapatkan manfaat dari sharing knowledge yang dilakukan terutama dalam penerapan teknologi yang efisien serta dapat berkolaborasi di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Soal Isu Gibran dan Kaesang Ke Prabowo, Hasto PDIP: Ya, Nggak Apa-apa

SURABAYA-Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk

Saham ‘Ponzi’ GoTo Tidak Layak Masuk Bursa: Wajib Diselidiki

Oleh: Anthony Budiawan Harga saham GoTo masih terus anjlok, menyentuh