Pertamina Lubricants Perkuat Distribusi Pelumas Industri di Kalimantan

Monday 21 Sep 2015, 12 : 42 pm
by

BALIKPAPAN-PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Lubricants resmi mengoperasikan Terminal Supply Point & Distribution Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk memperkuat distribusi pelumas Pertamina bagi segmen konsumen Industri di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan  Kalimantan Selatan.

Peresmian Terminal Supply Point & Distribution Batakan dilakukan oleh Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang yang didampingi oleh Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Gigih Wahyu Hari Irianto di Balikpapan dan General Manager Marketing Operation Region VI Pertamina Faris Azis, Senin (21/09).

“Dengan beroperasinya Terminal Supply Point & Distribution Batakan maka diharapkan dapat mewujudkan efisiensi di sisi biaya handling pelumas khususnya kemasan curah karena selama ini dipasok dari Gresik. Terminal Supply Point & Distribution Batakan akan dioperasikan oleh Pertamina Lubricants,” kata Ahmad Bambang.

“Kami optimistis, pengoperasian Terminal Supply Point & Distribution Batakan ini akan meningkatkan daya saing Pertamina Lubricants sehingga penetrasi pasar pelumas industri di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan dapat dilakukan dengan mudah,” tambah Gigih.

Terminal Supply Point & Distribution Batakan merupakan fasilitas pelayanan pelumas Pertamina yang terintegrasi. Terminal ini memiliki kapasitas penampungan produk dalam kemasan curah sebesar 820 KL. Untuk mendukung operasionalnya, terminal ini dilengkapi dengan instalasi pengisian Pelumas Curah, area penyimpanan drum dengan kapasitas penampungan lebih dari 8.000 drum, gudang penyimpanan yang mampu menampung lebih dari 21.000 box, fasilitas control room, workshop, laboratorium QC dan  laboratorium oil monitoring (Oil Clinic).

Terminal Suplai Point & Distribution Batakan memberikan kenyamanan bagi konsumen industri karena terjaminnya kepastian pasokan. Keberadaan fasilitas pemeriksaan kondisi pelumas akan membantu penilaian terhadap kinerja equipment.

Produk kemasan curah yang dipasok dari Terminal Suplai Point & Distribution Batakan terdiri dari pelumas jenis Meditran S, Meditran SX CH-4 dan Meditran SX Plus CI-4,  TranslikHD dan Turalik. Meditran SX Plus CI-4 merupakan pelumas mesin diesel industri putaran tinggi yang digunakan oleh alat berat dan pembangkit listrik. Adapun, TranslikHD merupakan pelumas powershift transmissions dan hidrolik yang bermutu tinggi yang dirancang khusus untuk kendaraan off-highway & heavy duty.

Peralatan-peralatan tersebut umumnya digunakan pada industri pertambangan, konstruksi, dan pertanian. Pelumas ini banyak digunakan untuk final drives, wet clutches, dan wet-disc brake.

Sementara itu, Turalik merupakan pelumas hidrolik yang diformulasikan dari base oil yang memiliki viscosity index yang tinggi dan mengandung performance additive yang lengkap untuk memberikan perlindungan terhadap keausan, mencegah terbentuknya busa, serta perlindungan karat dan korosi.

PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri serta base oil untuk pasar domestik dan internasional yang tersebar di 4 benua Asia, Afrika, Eropa, Australia, dan Amerika. Pertamina Lubricants mengoperasikan 3 unit produksi di Gresik, Cilacap, dan Jakarta serta 1 unit produksi di Thailand dengan keseluruhan kapasitas produksi mencapai lebih dari 500.000 KL per tahun. Produk Pelumas Pertamina tidak kalah dengan produk dari luar negeri bahkan pelumas Pertamina telah mendapatkan pengakuan dari sejumlah produsen mobil dunia (OEM). Bahkan lebih jauh lagi, pelumas Pertamina telah diterima di beberapa Negara tujuan ekspor yang artinya kualitas sudah diakui secara internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jokowi: Jangan Jadikan Tersangka Mesin ‘ATM’

JAKARTA-Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-55

Walkot Tangsel Bawa Langsung Bantuan ke Palu

PALU-Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengunjungi dan memberikan