Pertumbuhan Penjualan Eceran Meningkat

Monday 10 Nov 2014, 6 : 43 pm
by
BI
ILUSTRASI

JAKARTA – Hasil Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI) pada September 2014 menunjukkan pertumbuhan penjualan eceran yang kembali meningkat.

Hal ini sejalan dengan ekspektasi pada bulan Agustus lalu.

Keterangan tertulis Departemen Statistik, Divisi Statistik Sektor Riil BI menjelaskan peningkatan penjualan eceran tercermin dari pertumbuhan Indeks Penjualan Riil (IPR) September 2014 sebesar 17,9% (yoy), lebih tinggi dari 8,9% (yoy) pada bulan sebelumnya.

Peningkatan pertumbuhan terutama didorong oleh penjualan riil kelompok barang lainnya dari -16,8% (yoy) menjadi 15,2% (yoy).

“Peningkatan pertumbuhan penjualan terjadi di seluruh kota yang disurvei, dengan peningkatan tertinggi terjadi di kota Jakarta yaitu sebesar -9,4% (yoy) dari bulan sebelumnya yang terkontraksi -32,1% (yoy),” jelasnya di Jakarta, Senin (10/11).

Baca juga :  Noldus Pandin Serahkan NIB Kepada Penyandang Disabilitas Pegiat UKM

Dijelaskan, penjualan eceran diperkirakan kembali meningkat pada Oktober 2014 didorong oleh optimisme terhadap perbaikan daya beli masyarakat dan distribusi barang yang lancar. Pertumbuhan tertinggi diperkirakan terdapat pada penjualan riil kelompok peralatan informasi dan komunikasi.

Selain itu, survei juga mengindikasikan bahwa ekspektasi terhadap tekanan harga pada 3 bulan mendatang (Desember 2014) diperkirakan meningkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

pembayaran untuk melunasi pokok maupun bunga obligasi dan sukuk itu dilakukan pada 18 Oktober 2021

Semester I/2019, Pendapatan XL Axiata Tumbuh 11%

JAKARTA-Kinerja keuangan operator telekomunikasi XL Axiata terus menguat kuat pada
Vaksin Covid19 dan Fiskal Kita

Said: Dunia Harus Bersatu Padu Lawan Teroris

JAKARTA-Politisi PDI Perjuangan, Said Abdullah menyerukan kepada seluruh umat manusia