Pilpres Dua Putaran, Nggak Ada Capres Raih Suara 50%

Friday 29 Dec 2023, 1 : 28 am
by
Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto

JAKARTA-Hasil survei Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia (FAPTI) bekerja sama dengan Alvara Research Center terkait Elektabilitas Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024 menyebutkan belum ada pasangan calon presiden  (capres) yang memiliki suara lebih dari 50%.

Sehingga, kemungkinan besar Pemilu akan berlangsung dua putaran.

“Dan, peluang paling besar yang masuk ke putaran kedua adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar–Mahfud,” ujar salah seorang Ketua FAPTI Andre Rahadian di Jakarta, Kamis (28/12).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) FAPTI, Eko Nugroho memaparkan, FAPTI memandang penting untuk melakukan survei sendiri, guna memberikan gambaran kepada alumni perguruan tinggi terkait pilihan dan jenis isu yang dianggap penting oleh masyarakat.

“Para alumni dapat lebih bisa berkontribusi dalam hajatan nasional lima tahunan yang penting ini,” ungkap Eko.

FAPTI beranggotakan alumni dari perguruan tinggi negeri dan swasta, antara lain Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Parahyangan (UNPAR), Universitas Padjajaran (UNPAD), dan lain-lain.

“Survei juga dilakukan untuk menjaga agar pemilu berlangsung secara jujur dan adil,” tutur Andre.

Sebelumnya, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo–Mahfud MD memprediksi Pilpres 2024 akan digelar dalam dua putaran.

Hal itu, dilihat dari hasil survei berbagai lembaga yang menunjukkan belum ada pasangan Capres-Cawapres yang akan  meraih elektabilitas di atas 50%.

“Keadaan  ini menyiratkan adanya kemungkinan besar Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran,” kata Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, di Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Mantan Gubernur Lemhanas ini mengungkapkan, hasil survei yang beredar saat ini akan dijadikan sebagai bahan komparasi dalam menentukan strategi kampanye berikutnya.

Dia menuturkan, berdasarkan riset kedeputian yang dipimpinnya, tingkat elektabilitas duet Ganjar-Mahfud menunjukkan kecenderungan naik pasca Debat Cawapres pada 22 Desember 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kejagung Kawal KKP Dalam Implementasi Aturan Tata Kelola Lobster

JAKARTA –  Kejaksaan Agung (Kejagung )  mengawal Kementerian Kelautan dan
Jumlahpelaku IKM mencapai 4,4 juta unit usaha atau berkontribusi sebesar 99,77% dari total sektorindustri secara keseluruhan. Sementara itu, IKM mampu menyerap sebanyak 66,25% dari total 15,6 juta tenaga kerja di sektor industri.

Kemenperin Ajak Pelaku IKM Perempuan Go Digital

JAKARTA-Selama ini, sektor industri kecil danmenengah (IKM) telah membuktikan peran