Presiden Beri Bantuan Mobil Listrik Untuk SMKN 1 Rangas Mamuju Provinsi Sulbar

Friday 26 Apr 2024, 4 : 46 pm
Hadiah Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke SMK Negeri 1 Rangas, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa lalu (23/04/2024). Foto: BPMI Setpres

JAKARTA – SMKN 1 Rangas Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menerima hadiah mobil listrik dari Presiden Joko Widodo karena mobil yang dipakai untuk praktek siswa di SMK tersebut masih manual dan dinilai tidak sesuai dengan perkembangan teknologi.

Dalam kunjungan ke sekolah tersebut pada Selasa (23/4/2024),  presiden mengungkapkan pemberian hadiah tersebut akan mentransformasi cara belajar siswa dari mobil manual ke sebuah mobil listrik.

Juga sebagai simbol dari dorongan besar pemerintah dalam memajukan pendidikan vokasi dan teknologi di Indonesia.

“Tadi ada permintaan, karena di tempat praktik yang ada hanya mobil combustion, mobil yang manual lama, padahal sekarang sudah banyak dan zamannya mobil listrik sehingga perlu praktik juga isinya di dalam mobil listrik itu apa. Siang ini saya kirim mobil listrik untuk praktik, bukan untuk dikendarai,” ujar Presiden disambut riuh tepuk tangan para siswa dan guru.

Sesuai janji Presiden Jokowi, siang itu, sebuah mobil listrik pun langsung dikirim dari Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan dan tiba sehari setelahnya.

Mobil berteknologi ramah lingkungan itu diterima langsung oleh Kepala SMK Negeri 1 Rangas, Mahmud.

Kepala SMKN 1 Rangas pun berbagi rasa syukur atas bantuan ini.

Menurutnya, selama ini sekolah yang dipimpinnya telah memiliki beberapa peralatan untuk praktik belajar para siswa.

Namun, untuk mobil, para siswa terbatas hanya belajar mobil berteknologi transmisi manual.

“Alhamdulillah setelah kunjungan Bapak Presiden Republik Indonesia, beliau memberikan bantuan berupa satu unit mobil listrik yang insyaallah ke depannya akan digunakan siswa-siswa kita untuk praktik,” ujarnya.

Siswa-siswa SMKN 1 Rangas, seperti Fadli dan Adrian, mengungkapkan kegembiraan mereka.

Fadli, yang belum pernah melihat mobil listrik sebelumnya, merasa bahagia dan terinspirasi. Adrian menambahkan, “Ini menambah wawasan kami. Sebelumnya kami hanya praktik dengan mobil manual.”

Arisa, pelajar lain dari SMKN 1 Rangas, mengucapkan terima kasih kepada Presiden.

“Mobil ini sangat berguna bagi kami karena untuk meningkatkan kemampuan kami untuk masa depan nanti karena kemungkinan mobil listrik akan banyak digunakan oleh masyarakat.”

Inisiatif ini tidak hanya membuka jendela teknologi baru bagi siswa SMKN 1 Rangas, tapi juga menunjukkan pentingnya pendidikan yang responsif terhadap perkembangan zaman.

Dengan hadiah mobil listrik ini, SMKN 1 Rangas kini menjadi bagian dari sekolah-sekolah di Indonesia yang siap menghadapi era baru transportasi yang berkelanjutan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ketua dpr puan maharani

Kerjasama Dengan KNCCI, Ketua DPR: Indonesia Siap Ekspor CPO ke Kenya

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani menyinggung soal pertumbuhan ekonomi Indonesia

Indonesia-AS Perkuat Kerja Sama Perdagangan

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Amerika Serikat