Provident Investasi Bersama Tambah Modal ke Suwarna Arta Mandiri Rp1,86 Triliun

Friday 5 Jan 2024, 1 : 05 pm
by
PT Provident Investasi Bersama Tbk
ILUSTRASI

JAKARTA-Manajemen PT Provident Investasi Bersama Tbk (PALM) mengumumkan, pihaknya telah melakukan penambahan penyetoran modal Rp1,86 triliun kepada PT Suwarna Arta Mandiri (SAM) pada 29 Desember 2023.

Setelah transaksi ini, jumlah modal ditempatkan dan disetor SAM meningkat dari Rp1,13 triliun menjadi Rp2,99 triliun.

Direksi PALM dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (5/1/2024) menjelaskan, transaksi penambahan penyetoran modal dalam bentuk saham sebanyak 1,860 juta lembar dengan nilai nominal Rp1 juta per lembar itu tertuang dalam Akta Pernyataan Keputusan Edaran Para Pemegang Saham sebagai Pengganti Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Suwarna Arta Mandiri No. 435 tertanggal 29 Desember 2023, di hadapan Notaris Darmawan Tjoa S.H., S.E., Notaris di Jakarta.

Menurut Direksi, tujuan dilaksanakananya transaksi  adalah untuk memenuhi kebutuhan pendanaan pada SAM.

Perseroan mengharapkan peningkatan modal yang dilakukan melalui transaksi ini dapat mendukung pengembangan portofolio investasi dan peningkatan kinerja keuangan SAM.

“Transaksi penambahan modal ini diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi Perseroan sebagai pemegang saham SAM di masa datang,” tulis Direksi PALM dalam keterangan tertulisnya.

Seperti diketahui, PALM dan anak usaha SAM menjalankan kegiatan usaha di bidang pengembangan portofolio investasi dalam bentuk pembelian saham pada satu atau lebih perusahaan tercatat di sektor sumber daya alam, teknologi, media dan telekomunikasi, dan/atau logistik, atau efek bersifat ekuitas lainnya.

Menurut Direksi, transaksi penambahan penyetoran modal tersebut merupakan transaksi afiliasi sebagaimana diatur dalam ketentuan POJK 42/2020, mengingat SAM merupakan perusahaan yang dikendalikan oleh Perseroan dengan kepemilikan saham secara langsung maupun tidak langsung sebesar 99,99%.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bayar Utang, COCO Siap Terbitkan MTN Senilai Rp100 Miliar

JAKARTA-Produsen cokelat, PT Wahana Interfood Nusantara Tbk (COCO) berencana menerbitkan

Potensi Kelautan Sulawesi Utara Belum Tergarap Maksimal

MANADO-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sebenarnya memiliki potensi kelautan sangat besar,