Bayar Utang, COCO Siap Terbitkan MTN Senilai Rp100 Miliar

Ilustrasi

JAKARTA-Produsen cokelat, PT Wahana Interfood Nusantara Tbk (COCO) berencana menerbitkan Medium Term Notes (MTN) senilai Rp100 miliar yang dilakukan tanpa melalui penawaran umum (private placement) dengan tingkat bunga tetap maksimal 12 persen per tahun.

Berdasarkan keterbukaan informasi COCO yang dipublikasi Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa (21/7) malam, penerbitan surat utang jangka menengah tersebut memiliki tenor selama tiga tahun dan tidak dijual di Indonesia atau kepada warga negara Indonesia.

Rencananya, dana hasil penerbitan MTM I ini akan digunakan oleh COCO untuk melunasi sebagian atau seluruh utang di bank dan untuk modal kerja.

MTN I dengan nilai maksimal Rp100 miliar tersebut tidak dicatatkan bursa efek mana pun dan hanya dijual kepada pemodal profesional yang tidak lebih dari 49 pihak.

Baca :  Bank OCBC NISP Terbitkan MTN Rp 900 M

Manajemen COCO menilai, penerbitan MTN I ini akan memperkuat likuiditas jangka pendek, kinerja operasional akan meningkat dan perseroan akan lebih fleksibel, serta mempunyai sumber daya yang kuat dalam mengelola kebutuhan bahan baku produksi berupa komoditas kakao.

Berdasarkan Laporan Keuangan Interim COCO per 31 Maret 2020, nilai ekuitas perseroan sebesar Rp110,66 miliar, sehingga nilai penerbitan MTN I tersebut mencerminkan 90,37 persen dari nilai ekuitas.

Pada Kuartal I-2020, laba bersih COCO tercatat senilai Rp1,21 miliar atau lebih tinggi dibanding Kuartal I-2019 yang senilai Rp1,12 miliar.