SMMA Rilis Surat Utang Rp1,5 Triliun

Monday 18 Mar 2024, 5 : 26 pm
by
PT Sinarmas Multiartha Tbk
PT Sinarmas Multiartha Tbk

JAKARTA-PT Sinarmas Multiartha Tbk (SMMA) berencana menerbitkan surat utang sebesar Rp1,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan refinancing, investasi, modal kerja hingga memberikan pinjaman kepada anak usaha perseroan, PT Sinar Mas Multifinance dan PT AB Sinar Mas.

Berdasarkan Prospektus Ringkas terkait rencana penerbitan surat utang SMMA yang dikutip Senin (18/3), holding jasa keuangan Sinar Mas Group ini akan merilis Obligasi Berkelanjutan III Tahap I-2024.

Adapun total target penghimpunan dana dari Obligasi Berkelanjutan III mencapai Rp5 triliun.

Obligasi Berkelanjutan III Tahap I-2024 yang ditawarkan SMMA terbagi menjadi dua seri, yakni Seri A bertenor lima tahun dan Seri B bertenor sepuluh tahun. SMMA belum mempublikasikan nilai emisi pada masing-masing seri maupun tinggi bunga yang akan diberikan.

Masa penawaran awal atas surat utang ini berlangsung mulai hari ini hingga 22 Maret 2024.

Manajemen SMMA menunjuk PT Aldiracita Sekuritas Indonesia dan PT Sinarmas Sekuritas sebesar penjamin pelaksana emisi obligasi.

Perseroan berharap aksi korporasi ini bisa mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 28 Maret 2024.

Adapun masa penawaran umum direncanakan pada 2 April 2024, penjatahan pada 3 April 2023, pendistribusian obligasi secara elektronik (Tanggal Emisi) pada 5 April 2024 dan pencatatan obligasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 16 April 2024.

Rencananya, dana hasil penerbitan surat utang ini —setelah dikurangi biaya-biaya emisi— akan digunakan pelunasan seluruh pokok Obligasi Berkelanjutan II Tahap II-2022 Seri B sebesar Rp13,1 miliar dan pelunasan seluruh pokok Obligasi Berkelanjutan Ii Tahap I-2021 Seri C sebesar Rp119 miliar.

Sementara itu, sebesar Rp450 miliar akan digunakan menunjang kebutuhan investasi saham, obligasi dan/atau reksa dana.

Adapun sebesar Rp50 miliar untuk modal kerja SMMA, sedangkan sisanya akan dipinjamkan kepada anak perusahaan, yakni PT Sinar Mas Multifinance dan PT AB Sinar Mas Multifinance.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ganjar Sebut Mahfud Contoh Teladan Pemimpin Yang Baik

JAKARTA–Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa

Penggunaan Kuota Haji Negara Lain Tidak Sederhana

HANGZHOU-Permintaan pemerintah Indonesia kepada pemerintahan Saudi Arabia agar menggunakan kuota