PT Empat Persen, Hanura Perlu 6 Juta Suara

Friday 22 Feb 2019, 1 : 44 pm

JAKARTA–Pemilu Legislatif (Pilleg) 2019 memilki ambang batas cukup tinggi, alias parliamentary thrashold (PT) 4%. Karena dibutuhkan kerja keras agar lolos ke parlemen. Setidaknya Hanura membutuhkan enam juta suara agar lolos. Sementara Pemilu 2014, Hanura meraih 6,5 juta (6.579.498) suara. “Untuk lolos PT empat persen, partai harus mendapatkan enam juta suara. Sedangkan tahun 2014 yang lalu, Hanura mendapatkan 6,5 juta suara,” kata Sekjen Hanura, Herry Lontung Siregar di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Perhitungan Herry tersebut didasarkan pada DPT (Daftar Pemilih Tetap) pada 2019 sebesar 192 juta. Herry menyimulasikan, jika terdapat 150 juta suara sah (angka partisipasi 78 persen), maka empat persen dari suara tersebut adalah enam juta. “Kalau DPT ada 192 juta, katakanlah partisipasinya 150 juta. Maka empat persennya adalah enam juta,” kata Herry.

Selanjutnya, Herry juga menjabarkan hitungan kasar pemilih Hanura. Setidaknya ada tiga faktor yang harus diperhatikan. Pertama, kader Hanura yang tercatat ke dalam struktur partai, jumlahnya mendekati dua juta orang. Kedua, di seluruh Indonesia, Hanura memiliki 20 ribu caleg. Jika masing-masing caleg menyumbang 100 suara, maka Hanura akan mendapat tambahan dua juta suara. Ketiga, saksi Hanura yang tersebar di seluruh Indonesia mencapai 801 ribu. Dengan penjumlahan ketiga hal tersebut, Herry menghitung bahwa Hanura sudah mendapatkan hampir lima juta suara. “Untuk struktur Hanura, sudah ada lebih dari satu juta orang, mendekati dua juta. Selain itu, nanti kita (Hanura) punya 20 ribu caleg di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Herry, kalau masing-masing caleg mendapatkan 100 suara, maka Hanura mendapatkan tambahan dua juta suara. Keduanya sudah mendekati empat juta suara. “Ditambah juga 801 ribu saksi. Maka totalnya sudah hampir lima juta,” ucapnya lagi. Herry optimistis, partainya akan melampaui ambang batas parlemen. Herry juga optimis bahwa partainya mampu mengantongi lebih dari 6,5 juta suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Fahri Sesalkan Kejakgung Usut Kasus Novanto

BOGOR-Aparat penegak hukum diminta segera memeriksa Menteri ESDM Sudirman Said.

Presiden: Kita Hormati Pilihan Pemilik Suara Partai Golkar

KORSEL-Meskipun sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan (Korsel) sejak