Puan: BLT El Nino Harus Disalurkan Tepat Sasaran

Thursday 16 Nov 2023, 4 : 11 pm
Ketua DPR RI Puan Maharani/Sumber Foto: Dok DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani/Sumber Foto: Dok DPR

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar program Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino bagi masyarakat terdampak kemarau berkepanjangan disalurkan dengan tepat sasaran.

Sehingga bantuan ini betul-betul diberikan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“DPR mendukung upaya Pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak El Nino, dengan syarat BLT tepat sasaran dan prosesnya dilakukan dengan kebijakan yang bijaksana, adil, dan terencana,” kata Puan dalam di Jakarta, Kamis (16/11/2023).

Diketahui, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengumumkan penyaluran BLT El Nino bagi 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total dana mencapai Rp7,52 triliun pada akhir tahun 2023 ini.

BLT El Nino ini akan dicairkan untuk periode November dan Desember 2023, dengan rencana realisasi transfer satu kali sebesar Rp400.000.

Bantuan tersebut memang ditujukan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak badai El Nino.

Meski begitu, ada masyarakat yang belum tentu mendapatkan BLT ini.

Karena itu, Puan mendorong Pemerintah untuk melakukan update data penerima bantuan sosial. Sehingga masyarakat yang benar-benar terdampak badai El Nino akan memperoleh haknya.

“Jangan sampai, masyarakat yang justru terdampak badai El Nino malah tidak mendapat bantuan karena ketidakakuratan data”

“Jangan sampai, masyarakat yang justru terdampak badai El Nino malah tidak mendapat bantuan karena ketidakakuratan data. Mereka seperti petani yang mengalami gagal panen dan masyarakat di daerah yang mengalami krisis air bersih karena musim kemarau harus menjadi perhatian pemerintah,” tegas Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Oleh karenanya, Ia mengingatkan Pemerintah untuk jeli melakukan pemantauan, evaluasi, dan perbaikan apabila ada kekurangan selama proses penyaluran.

Hal ini, menurut Puan, guna keberlangsungan program BLT El Nino.

“Penting juga dilakukan pendekatan yang bijaksana dan terencana dari Pemerintah untuk memastikan keadilan bagi penerima manfaat,” tutur Mantan Menko PMK ini.

Puan juga menilai, penyaluran BLT El Nino harus berfokus pada dua aspek krusial.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DPR Minta Benahi Pelaksanaan Ujian Akhir Nasional

JAKARTA-Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, MH Said Abdullah meminta

Ketua PBHI: Pemilu 2024 Sia-sia, Penuh Agenda Rekayasa Jokowi

JAKARTA-KETUA Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia (PBHI), Julius Ibrani menilai Putusan