Puan Sahkan 30 Resolusi untuk Asia Tenggara di Sidang Umum AIPA ke-44

Wednesday 9 Aug 2023, 6 : 52 pm
Ketua DPR RI sekaligus Presiden ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) 2023, Puan Maharani

Setelahnya, mantan Menko PMK tersebut meminta Ketua Pertemuan Parlemen Muda AIPA atau Young Parliamentarians of AIPA (YPA), Dyah Roro Esti Widya Putri untuk memberikan laporannya.

Adapun komisi anggota parlemen muda AIPA itu menghasilkan dua resolusi.

Salah satu resolusi dari YPA juga usul dari Indonesia yakni soal ‘Advancing Youth Engagement for Inclusive Development, Economic Transformation, and Democratic Participation’ atau Memajukan Keterlibatan Pemuda untuk Pembangunan Inklusif, Transformasi Ekonomi, dan Partisipasi Demokrasi.

Kembali Puan bertanya kepada seluruh anggota AIPA apakah ada masukan dan tanggapan terkait resolusi yang diberikan oleh YAPA.

Sidang memutuskan untuk menyetujui resolusi YPA yang disahkan oleh Puan dengan tanda ketukan palu.

“Saya lanjutkan ke presentasi Laporan Komisi Urusan Politik. Saya mengundang Bapak Dr. Fadli Zon, Ketua Komisi Urusan Politik, untuk menyampaikan laporannya,” ucap Puan mempersilahkan Fadli Zon naik ke atas mimbar untuk menyampaikan laporan.

Komisi urusan politik menghasilkan 6 resolusi, dua di antaranya usul Indonesia yakni resolusi menjaga perdamaian, keamanan, dan stabilitas kawasan melalui dialog dan kerjasama dan resolusi kerja sama parlemen untuk mencapai perdamaian jangka panjang di Myanmar.

Selain itu, Fadli Zon juga menyatakan bahwa komisi urusan politik menyepakati pembentukan komite Ad Hoc dalam upaya membantu Myanmar mencapai solusi damai dan berkelanjutan.

Dua resolusi dari komisi urusan politik pun juga disetujui anggota parlemen AIPA.

Kemudian Puan mengundang Charles Honoris untuk melaporkan hasil dari Komisi Ekonomi AIPA yang menghasilkan 5 resolusi.

Dalam laporan yang dibacakan Charles, resolusi yang dihasilkan mengedepankan ekonomi hijau dalam setiap agenda kerja sama ekonomi antar negara.

“Any Comment? Is it agree?” tanya Puan selaras mengetuk palu tanda persetujuan dari seluruh anggota AIPA.

“Mari kita lanjutkan ke laporan berikutnya. Perkenankan saya mengundang Bapak Sukamta, Ketua Komisi Urusan Sosial, untuk mempresentasikan laporannya,” sambung perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Dipicu Pelemahan Nilai Tukar Dolar AS, Harga Minyak Dunia Semakin Perkasa

JAKARTA-Harga minyak mentah dunia berakhir menguat pada penutupan perdagangan Selasa

Isu Mahar Politik Sandiaga Uno ke PAN dan PKS Harus Dibongkar

Petrus mengatakan cara menyelidiki kebenaran isu mahar politik bisa dimulai