Putut: Bela Negara Demi Masa Depan Bangsa dan Negara

Sunday 17 Jan 2016, 8 : 17 pm
by
Logo Garuda Pancasila

 JAKARTA – Hikmah dari Teror Thamrin adalah negara Indonesia harus dicintai dan dihormati oleh siapapun yang tinggal di wilayah Indonesia tanpa terkecuali dan memandang kebangsaan, kewarganegaraan, agama ataupun rasnya.

Oleh karena itu, pendidikan bela negara sangat penting bagi generasi muda  dan harus didukung oleh rakyat Indonesia.

Pendidikan ini harus berujung pada cinta tanah air dan negara Indonesia yang berlandaskan Pancasila tanpa ada pengecualian.

“Jika ada yang tidak dapat mengikuti pendidikan bela negara karena tidak memenuhi persyaratan, misalnya alasan fisik, hendaknya mereka mengikuti pendidikan bela bangsa (sosial)– yakni kewajiban melakukan kerja sosial di masyarakat,” ujar Ketua Pelaksana Gerakan Ekayastra Unmada (Semangat Satu Bangsa), AM Putut Prabantoro ketika ditanya soal peristiwa Teror Thamrin, di Jakarta, Minggu (17/1).

Baca juga :  Tujuh Kali Gagal ke Rote, Ganjar Diangkat jadi Pimpinan Tertinggi Funu Keu

Pancasila itu jelas Putut dihormati serta dikagumi oleh banyak bangsa di dunia karena spirit, semangat dan jiwa yang ada di dalamnya.

Pancasila tidak hanya sebagai dasar negara tetapi terlebih sebagai falsafah hidup dan cara berbudaya bangsa Indonesia yang menerima segala bentuk perbedaan, keanekaragaman dan menjunjunga hak asasi manusia.

Menurutnya, Kelima sila yang ada di dalam Pancasila itu merupakan satu kesatuan utuh yang tidak dapat berdiri sendiri-sendiri dan pantang untuk dilihat secara terpisah-pisah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Produksi Industri Alas Kaki RI Pijak Posisi 4 Dunia

JAKARTA-Industri alas kaki nasional mampu menapaki kemampuannya di kancah global,

Reshuffle Jajaran, Gubernur Jatim “Rapatkan Barisan”

SURABAYA-Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2013, Gubernur Jatim Soekarwo