Rencana Kerja Sama dengan PDI Perjuangan Akan Dibahas Sesuai Mekanisme PAN

Saturday 3 Jun 2023, 8 : 46 am
by
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kedua dari kiri) menggelar pertemuan tertutup dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kedua dari kanan) di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro Jakarta Pusat, Jumat 2 Juni 2023. Keduanya didampingi Puan Maharani (kanan) dan Ganjar Pranowo (kiri). (Sumber foto: Rilis)

JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) memiliki mekanisme internal dalam mengambil kebijakan, termasuk kerja sama dengan PDI Perjuangan dalam mengusung Ganjar Pranowo pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Sehubungan dengan itu, hasil pertemuan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDI Perjuangan, Jumat 2 Juni 2023 akan dibahas lebih lanjut sesuai mekanisme PAN.

Termasuk di antaranya adalah dengan mengundang para pimpinan daerah untuk membahas rencana kerja sama PAN dengan PDI Perjuangan pada Pilpres 2024 mendatang.

“Pertama sekali lagi, ini pertemuan pertama kami yang penuh persaudaraan, persahabatan, saling pengertian,” kata Zulkifli Hasan dalam jumpa pers setelah pertemuan di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro Jakarta Pusat, Jumat 2 Juni 2023.

Dia meneruskan, “Tapi ini kan pertemuan pertama, setelah ini sebagaimana tiap partai politik ada mekanismenya, tentu kami akan rapat, akan membahas. Nanti daerah-daerah kami undang bagaimana selanjutnya.”

Menurut dia, PDI Perjuangan telah membentuk dua tim yang dikomandoi oleh Puan Maharani dan Ahmad Basarah. Komunikasi akan dilanjutkan dengan kedua tim tersebut.

“Habis itu, Mbak Mega sudah ada tim juga kan. Nanti soal-soal setelah kami rapat, tentu kami akan komunikasi dengan tim yang sudah dibentuk oleh PDI Perjuangan yang dibentuk oleh Ibu Puan dan punya sayap satu lagi, yaitu sayapnya mengenai relawan,” jelas Zulhas.

Sementara terkait nasib Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Zulhas – sapaannya – memastikan koalisi itu masih eksis. Bahkan kedatangannya ke DPP PDI Perjuangan telah diberitahu ke koalisi.

“Bagaimana keadaan KIB sekarang? Masih walaupun dua masih sama, yang satu mimpinya sudah PDI Perjuangan. Nanti kalau bareng-bareng jadi sama, kalau beda baru nanti akan ada pembicaraan final seperti apa, ini belum ada. Walaupun istilah Yoga (Waketum PAN Viva Yoga) itu KIB, koalisi tapi mimpinya mulai agak beda-beda. Tapi masih,” ungkap Zulhas.

Pada bagian lain Zulhas juga ditanya tentang namanya yang ramai disebutkan menjadi calon wakil presiden untuk Ganjar Pranowo. Menurutnya, tidak ada pembicaraan khusus soal ini dalam pertemuan dengan PDI Perjuangan.

“Tetapi walaupun nggak dibahas, tapi masing-masing memahami. Dan tadi Mbak Mega sudah menjelaskan, ini menjadi kewenangan PDI Perjuangan,” pungkasnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ketahanan Stok BBM di Atas 20 Hari

JAKARTA – Kepala Badan Pelaksana Hilir Minyak dan Gas Bumi
BI

Pertumbuhan Kredit Melambat

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat stabilitas sistem keuangan juga tetap