Sektor Halal Value Chain Tumbuh, Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Tuesday 27 Feb 2024, 2 : 22 pm
by
Juda Agung, Deputi Gubernur BI

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengumumkan, ekonomi dan keuangan syariah (eksyar) Indonesia pada tahun 2023 melanjutkan pertumbuhan.

Ini didorong oleh kinerja sektor unggulan Halal Value Chain (HVC) yang tumbuh sebesar 3,93% (yoy).

Hal itu dikemukakan Deputi Gubernur BI Juda Agung dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (27/2/2024).

Juda menjelaskan, secara keseluruhan, sektor unggulan HVC menopang hampir 23% dari ekonomi nasional, secara berurut dikontribusikan oleh sektor Pertanian dan Makanan Minuman Halal, Pariwisata Ramah Muslim (PRM) serta Fesyen Muslim.

Pada tataran global, kinerja eksyar Indonesia juga mencatatkan kenaikan peringkat State of The Global of Islamic Economic (SGIE) menjadi peringkat ketiga pada tahun ini.

Demikian intisari Buku Kajian Ekonomi dan Keuangan Syariah Indonesia (KEKSI) 2023 yang mengangkat tema “Sinergi Ekonomi dan Keuangan Syariah Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional” yang diluncurkan di Jakarta, Senin (26/2/2024).

KEKSI 2023 mengulas capaian dan strategi pengembangan eksyar sepanjang tahun 2023, serta prospek dan arah kebijakan Bank Indonesia dalam mengembangkan eksyar di tahun 2024.

Juda, dalam peluncuran KEKSI 2023 menyampaikan, BI memproyeksikan pada 2024 eksyar akan tumbuh sebesar 4,7%-5,5% (yoy) dengan didukung pertumbuhan pembiayaan perbankan syariah yang diprakirakan akan tumbuh pada kisaran 10%-12% (yoy).

Hal ini sejalan dengan implementasi berbagai inisiatif strategis nasional seperti kewajiban sertifikasi halal sesuai mandat Undang-Undang Jaminan Produk Halal, inovasi pada sektor keuangan sosial syariah, program kolaborasi antar Kementerian dan Lembaga, serta digitalisasi eksyar yang semakin masif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gus Ipul Hadiri Seminar dan Buka Puasa Bersama di Madiun

MADIUN-Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau yang dikenal

Wapres Berharap Sertifikat Halal Indonesia Diterima Negara Lain

JAKARTA-Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin meminta seluruh instansi yang berkaitan