Sempat Jatuh, Harga Minyak Mentah Kembali Melejit

Friday 28 Jul 2023, 12 : 43 pm
ILUSTRASI

JAKARTA-Harga minyak mentah dunia yang kemarin jatuh tergelincir berhasil bangkit dan embali melejit pada penutupan perdagangan Kamis
(27/7/2023) waktu setempat atau Jumat (28/7/2023) WIB.

Menguatnya harga komoditas ini antara lain dipicu oleh berkurangnya pasokan dan prospek permintaan dari Tiongkok yang diperkirakan bakal bullish.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September 2023 ditutup terbang 1,31 dolar AS atau 1,7% menjadi 80.09 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Adapun harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman September 2023 berakhir melesat 1,32 dolar AS atau 1,6% menjadi 84,35 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Berkurangnya pasokan minyak mentah dunia setelah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya seperti Rusia yang tergabung dalam OPEC+, mengurangi jumlah produksi minyak.

Fokus pelaku pasar berikutnya tertuju pada pertemuan menteri OPEC+ tanggal 4 Agustus 2023.

Sementara itu, janji para pemimpin di Tiongkok memberi sejumlah stimulus untuk mendorong laju ekonomi negara tersebut, telah mencuatkan harapan terhadap peningkatan permintaan minyak.

Negara Tirai Bambu itu tercatat sebagai konsumen minyak terbesar kedua di dunia.

Beberapa hari lalu, pihak berwenang Tiongkok mengumumkan rencana untuk membantu meningkatkan penjualan mobil dan elektronik.

Para investor menyambut baik langkah negeri tersebut karena diharapkan dapat menghidupkan kembali perekonomian Tiongkok yang lesu. (ANES)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Terkendala Soal Smelter, Kadin Minta Pemerintah Bijak Terhadap UKM Tambang Bauksit

PONTIANAK-Ketua Kamar Dagang dan Industri-KADIN Provinsi Kalimantan Barat Santyoso Tio

Sinergi Multi Lestarindo Ekspansi ke Bisnis Liquid Vape dan Tembakau

JAKARTA – PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE) melakukan ekspansi