Setjen DPR RI Buka Magang Untuk Mahasiswa di Luar Kampus Merdeka

Wednesday 18 Oct 2023, 1 : 49 pm
Plt Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi SDM Setjen DPR RI, Djaka Dwi Winarko usai memberikan Kuliah Umum Kampus Merdeka, di Jakarta/Sumber Foto: Dok DPR
Plt Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi SDM Setjen DPR RI, Djaka Dwi Winarko usai memberikan Kuliah Umum Kampus Merdeka, di Jakarta/Sumber Foto: Dok DPR

JAKARTA-Plt Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Setjen DPR RI, Djaka Dwi Winarko mengungkapkan bahwa sejatinya Setjen DPR RI membuka ruang seluas-luasnya bagi mahasiswa di luar kampus merdeka, termasuk pelajar SMA/SMK untuk bisa magang di DPR RI.

Hal itu diungkapkan Djaka saat memberikan materi dalam Kuliah Umum ‘Magang Kampus Merdeka di Rumah Rakyat’.

Lebih jauh Djaka menjelaskan adanya magang hasil kerja sama dengan Kemendikbudristek ini akan memberikan kesempatan pada mahasiswa magang untuk bisa ketemu dengan anggota DPR, juga pejabat terkait di lingkungan Setjen DPR RI.

“Tadi juga sempat ada pertanyaan dari mahasiswa peserta Magang Di Rumah Rakyat, jika ada yang ingin magang di kuar program Kampus Merdeka. Dan sebetulnya Setjen membuka ruang seluas-luasnya mahasiswa, bahkan siswa SMA/SMK yang ingin magang di DPR,” papar Djaka di Gedung Nusantara, DPR RI, Senayan, Rabu (18/10/2023).

Dijelaskan Djaka, bahwa di Setjen DPR RI sendiri dikenal beberapa jenis magang.

Selain Kampus Merdeka, ada juga Magang Reguler yang merupakan magang mahasiswa atau siswa sebagai salah satu syarat penilaian di sekolahnya.

Serta ada juga magang yang merupakan kerja sama DPR dengan pihak lain, seperti lembaga atau instansi tertentu. Program Magang tersebut, menurut Djaka, sejatinya juga bermanfaat tidak hanya untuk pemagang, melainkan juga untuk DPR RI sendiri.

“Untuk siswa atau mahasiswa sudah pasti selain mendapat pengalaman, secara langsung dapat bertemu dengan anggota DPR sekaligus menambah networking mereka. Yang utama tentunya mendapat ilmu yang nantinya akan bermanfaat bagi dirinya ke depan,” ujar Djaka.

Di sisi lain, Setjen DPR RI sendiri dari program magang itu, juga bermanfaat untuk mempublikasikan tentang kerja DPR kepada masyarakat luas melalui siswa dan mahasiswa yang magang di DPR.

Tidak hanya itu, dengan adanya para pemagang tidak dapat dipungkiri akan membantu mengerjakan tugas dan pekerjaan di berbagai unit kerja di Setjen DPR.

Meski demikian, pihaknya mengakui bahwa selama ini untuk magang regular belum ada aturan yang jelas.

Misalnya, terkait waktu pembukaan masa magang yang antar-unit kerja berbeda waktunya satu sama lain.

Oleh karenanya, ke depan, pihaknya akan lebih mengatur para pemagang reguler di Setjen DPR RI.

“Misalnya dalam satu tahun berapa kali menerima pemagang dan kapan saja waktunya. Dengan demikian ke depan program magang regular dapat lebih teratur lagi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Kepala Pusat Teknologi dan Informasi Setjen DPR RI ini juga mengapresiasi peserta Magang ‘ Kampus Merdeka Di Rumah Rakyat’ yang masih semangat dan antusias untuk mempelajari berbagai hal tentang tugas dan fungsi DPR RI, termasuk berbagai kerja Setjen DPR RI sebagai supporting system dewan. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Dorong Pabrikan Otomotif Bangun Pabrik Mesin di Indonesia

TIONGKOK-Pemerintah memastikan bakal mengawal pabrikan otomotif yang membangun industri di
PUAN MAHARANI-JOKO WIDODO

Puan Temui Jokowi Usai Bertemu Gibran Kemarin, Ada Apa?

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu dengan Presiden Joko Widodo