Siap Kuasai 75,51 Saham SMBR, SMGR Bakal Rights Issue 1,07 Miliar Saham

Thursday 3 Nov 2022, 5 : 57 pm
by

JAKARTA-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) berencana melakukan rights issue dengan menerbitkan sebanyak 1,07 miliar saham dalam mengakomodir rencana pemerintah untuk menambah modal SMGR melalui inbreng saham negara di PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR).

Berdasarkan keterbukaan informasi SMGR yang dikutip Kamis (3/11), perseroan akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 1,07 miliar saham Seri B bernilai nominal Rp100 per lembar atau setara dengan 18,04 persen modal ditempatkan dan disetor penuh SMGR.

Manajemen SMGR menyampaikan, harga pelaksanaan dalam rencana Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PM-HMETD) tersebut akan ditetapkan dan diumumkan kemudian di dalam prospektus rencana rights issue SMGR.

Rencana rights issue SMGR tersebut sejalan dengan rencana pemerintah untuk menambahkan modal kepada perusahaan dengan brand SIG ini secara inbreng saham.

Negara Republik Indonesia selaku pemegang saham pengendali SMGR dengan kepemilikan 51,01 persen, akan mengambil bagian atas seluruh HMETD yang menjadi haknya.

Pengambilan hak tersebut dengan melakukan inbreng atas saham milik Negara Republik Indonesia di SMBR sebanyak 7.499.999.999 saham Seri B atau mewakili 75,51 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh SMBR.

Manajemen SMGR menyampaikan, konsolidasi antara perseroan dan SMBR diharapkan dapat membantu perwujudan agenda pertama RPJMN melalui pemenuhan permintaan semen nasional dan global, seiring dengan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ini Terobosan Pemerintah Mempercepat Ekonomi Digital Indonesia

SINGAPURA- Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika,

Tunggak Pajak Rp 1,2 Miliar, Direktur Utama PT TTM Disandera

JAKARTA-Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menyandera (gijzeling) seorang penanggung pajak berinisial