Siap Rambah Bisnis Energi di 2026, Kontribusi ke Pendapatan Ditarget Capai 50%

Friday 10 Dec 2021, 9 : 54 pm
Ilustrasi

JAKARTA-Manajemen PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) menyebutkan, perseroan akan merambah bisnis di sektor energi pada tahun 2026 dan diharapkan sektor ini bisa memberikan kontribusi hingga mencapai 50 persen terhadap total pendapatan.

Berdasarkan siaran pers PTBA yang dipublikasi Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Jumat (10/12), saat ini perseroan sedang menyiapkan langkah strategis untuk menjadi perusahaan energi sesuai arahan Presiden Joko Widodo dalam mendukung ketahanan energi nasional.

“Destinasi pertama PTBA adalah menjadi perusahaan berbasis bisnis energi pada 2026, dengan target pendapatan dari sektor energi sebesar 50 persen dan bisnis batubara sebesar 50 persen,” kata Corporate Secretary PTBA, Apollonius Andwie dalam keterangan resmi perseroan.

Dia menyebutkan, PTBA memiliki tiga strategi untuk mencapai target transformasi bisnis di sektor energi pada 2026, yakni peningkatan portofolio pembangkit listrik berbasis energi baru dan terbarukan (EBT), menjalankan proyek hilirisasi batubara dan chemical industry development dengan menyiapkan kawasan ekonomi khusus (KEK) di Tanjung Enim, Sumatera Selatan dan melaksanakan carbon management program, yaitu integrasi pengurangan karbon dalam operasional pertambangan.

Sebagai komitmen transisi ke sektor energi, PTBA mulai merambah portofolio ke bisnis EBT dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di lahan bekas tambang.

Adapun proyek-proyek PLTS PTBA adalah, PLTS Bandara Soekarno Hatta bersama PT Angaksa Pura II, PLTS Irigasi Pesawaran-Lampung, PLTS Irigasi Talawi Sawahlunto, PLTS Irigasi Tanjung Raja-Muara Enim dan PLTS Yayasan Az-Zawiyah Ogan Ilir-Sumatera Selatan.

Sementara itu, rencana proyek PLTS pasca tambang PTBA adalah, PLTS Ombilin-Sumatera Barat dengan kapasitas bertahap sampai 200 MW, PLTS Tanjung Enim-Sumatera Selatan dengan kapasitas bertahap sampai 200 MW, PLTS Bantuas-Kalimantan Timur dengan kapasitas bertahap sampai 200 MW.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PKB Tawarkan Konsep Ekonomi ke Jokowi-JK

JAKARTA-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ikut memberi masukan dan solusi guna

Rapat Paripurna DPR RI, AS Hikam Berharap Usulan Hak Angket Digulirkan

JAKARTA-Dewan Pakar Politik TPN, Muhammad AS Hikam berharap hak angket