Sidang MKD Setya Novanto Tertutup, Timbulkan Spekulasi

Monday 7 Dec 2015, 4 : 51 pm
Mantan Ketua DPR, Setya Novanto

JAKARTA-Kehadiran Ketua DPR Setya Novanto dalam sidang tertutup Mahkamah Kehoratan Dewan (MKD) DPR menimbulkan tanda tanya publik. Bukan saja menimbulkan kecurigaan, namun juga merendahkan martabat MKD. “Ini banyak sekali spekulasi. “Jika ditutup akan banyak kecurigaan terhadap MKD itu sendiri,” kata Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Sebastian Salang di Jakarta, Senin (7/11).

Menurut Salang, dengan ditutupnya sidang MKD malah terjadi berbagai macam opini dikalangan masyarakat republik ini terhadap tudingan yang dialamatkan kepada Ketua DPR RI, Setya Novanto. “Sebab, dengan ditutupnya sidang tersebut, publik tidak bisa mengikuti perkembangan yang terjadi pada ruang sidang,” tambahnya.

Padahal, sambung Salang, sidang MKD tersebut bisa dilakukan secara terbuka. Dan hal tersebut telah dilakukan saat lembaga itu memeriksa kesaksian para pihak terkait sebelumnya. “Prinsip dasarnya tertutup, tetapi bisa dibuka jika terkait kepentingan umum. Buktinya dua saksinya sebelumnya bisa terbuka,” sambung Salang.

Salang juga mengatakan jika sidang MKD kali ini dibuka, maka banyak nilai positif yang akan diperoleh. “Jika dibuka akan menyelamatkan MKD itu sendiri, selain itu juga menyelamatkan Setya Novanto. Setya Novanto justru akan dirugikan jika sidangnya dilakukan secara tertutup,” ujar Salang.

MKD DPR RI sedang menjalankan sidang terhadap Ketua DPR RI, Setya Novanto. Politisi Golkar itu disidang lantaran dituding melanggar kode etik. Yang bersangkutan sendiri dilaporkan ke MKD oleh Menteri ESDM, Sudirman Said beberapa waktu lalu. **aec

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Mobil Listrik Diproduksi Massal 2020

JAKARTA-Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) mengungkapkan proses industrialisasi dan pengembangan

Harga Daging Sapi Belum Stabil

JAKARTA- Perkembangan harga daging sapi secara nasional ditingkat konsumen ternyata