Sidang Umum AIPA ke-44, DPR Dorong Stabilitas Kawasan Sebagai Penunjang Pertumbuhan Ekonomi

Wednesday 26 Jul 2023, 2 : 38 pm
Wakil Ketua BKSAP, DPR RI Gilang Dhielafararez/Sumber Foto: Dok DPR
Wakil Ketua BKSAP, DPR RI Gilang Dhielafararez/Sumber Foto: Dok DPR

JAKARTA-Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Gilang Dhielafararez menyatakan sejumlah isu menjadi fokus utama DPR RI dalam Sidang Umum AIPA tersebut.

Salah satunya terkait upaya mendorong terciptanya stabilitas kawasan sebagai faktor utama penunjang pertumbuhan ekonomi.

Adapun Sidang Umum AIPA ke-44 akan diselenggarakan di Jakarta pada 5-11 Agustus 2023.

“DPR RI juga mendorong agar diimplementasikannya 5 poin konsensus terkait krisis di Myanmar dan mengoptimalkan peran agenda lainnya di bidang ekonomi. Peran Parlemen dalam mendorong akselerasi transisi hijau bagi negara ASEAN pun turut menjadi fokus agenda DPR di Sidang Umum AIPA kali ini,” ujar Gilang di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Lebih lanjut, Politisi Fraksi PDI-Perjuangan tersebut memaparkan isu besar terakhir yang akan dibawa DPR RI ke Sidang AIPA ke-44 adalah mengenai mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka menunjang Green Jobs sebagai salah satu penopang ekonomi hijau.

Gilang mengungkapkan, DPR RI sudah menggelar sejumlah rangkaian kegiatan jelang Sidang Umum AIPA ke-44, seperti AIPA-ASEAN Preparatory Meeting yang diselenggarakan di Labuan Bajo, NTT, untuk mendukung Keketuaan Indonesia pada KTT ASEAN ke-42.

DPR, sambung Gilang, juga telah mengadakan Sidang ke-6 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly Advisory Council on Dangerous Drugs (AIPACODD) atau Dewan Penasehat Perkumpulan antar Parlemen ASEAN terkait Obat-Obatan Berbahaya yang berlangsung pada 30-31 Mei 2023 di Bogor, Jawa Barat.

Kemudian ada juga Sidang Coordinating Committee of ‘Women Parliamentarians of ASEAN Inter-Parliamentary Assembly’ (WAIPA) atau Komite untuk Perempuan Parlemen AIPA yang digelar di Padang, Sumatera Barat, bulan Juni lalu.

Menurut Gilang, dua sidang tersebut telah menghasilkan draf resolusi yang ditandatangani oleh delegasi parlemen dari tiap-tiap negara ASEAN.

“Draf resolusi AIPACODD dan WAIPA akan dibawa ke Sidang Umum AIPA, untuk kemudian menjadi pembahasan bersama,” jelas Legislator Dapil Jateng II itu.

Sidang Umum AIPA 2023 ini dijadwalkan akan dihadiri oleh Parlemen negara se-Asia Tenggara yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Philipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Sementara itu, Timor Leste yang baru bergabung menjadi anggota ASEAN ke-11 akan hadir sebagai ‘observer’ di Sidang Umum AIPA 2023.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Masyarakat Rembang Tolak Pendirian Pabrik Semen

REMBANG-Aliansi Warga Rembang Peduli Pegunungan Kendeng “Tolak Penambangan dan Pendirian

18 Kontainer Kopi Arabica Gayo Senilai Rp6,5 Miliar Diekspor ke AS & Eropa

ACEH TENGAH-Kopi Arabica Gayo menjadi salah satu komiditi unggulan asli