SIMP dan LSIP Optimistis Kinerja di Semester II-2020 Lebih Baik

Wednesday 23 Sep 2020, 10 : 47 pm
by
Penghentian sementara perdagangan saham TIRA terbatas pada upaya untuk melakukan cooling down
ILustrasi

JAKARTA-PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) dan anak usaha, PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) optimistis kinerja operasional dan keuangan di Semester II-2020 akan lebih baik ketimbang semester sebelumnya, karena adanya perbaikan harga minyak sawit mentah (CPO).

Menurut Wakil Direktur Utama SIMP,Paulus Moleonoto, saat ini harga rata-rata CPO terus melanjutkan tren kenaikan menjadi Rp9.500 per kilogram.

Padahal di Semester I-2020 harganya senilai Rp7.967/kg atau meningkat 22 persen dibandingkan Semster I-2019 yang senilai Rp6.551/kg.

Dengan demikian, kata dia, kenaikan harga di Semester II-2020 tersebut bisa mengkompensasi penurunan produksi sebesar 7 persen pada Semester I-2020 dibanding periode yang sama di 2019.

“Harga sekitar Rp9.500-Rp10.000/kg merupakan harga yang sangat baik. Tentunya akan berdampak positif,” kata Paulus.

Namun demikian, menurut dia, produksi di 2020 yang terganggu La Nina, namun perubahan iklim tersebut tidak berdampak signifikan.

Pada Semester I-2020, produktivitas tandan buah segar (TBS) Inti sebanyak 6,6 ton per hektar, rendemen CPO sebesar 21,4 persen dan rendemen palm kernel sebesar 5 persen.

Secara grup, menurut Paulus, perusahaan akan melakukan pengembangan pabrik dan menuntaskan penambahan kapasitas refinery di Surabaya, Jawa Timur dan Jakarta.

Dia menambahkan, pada tahun ini perseroan akan mempercepat penyelesaian pembangunan pabrik CPO di Kalimantan Timur dan diperkirakan bisa selesai pada April 2020.

Menurut Paulus, pada tahun ini nilai belanja modal (capex) LSIP sebesar Rp500 miliar yang sebagian besar untuk pengembangan pabrik baru di Kalimantan Timur, dengan kapasitas mencapai 45 ton TBS per jam.

Sebelumnya, SIMP sudah ada empat pabrik kelapa sawit di Kalimantan Timur dan ada empat pabrik kelapa sawit di Kalimantan Barat serta satu pabrik di Kalimantan Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Awas, Ini Inmendagri Terkait Pengetatan PPKM Mikro

JAKARTA-Pemerintah kembali memperpanjang dan melakukan pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Daya Beli Tak Pengaruhi Pengguna Kartu Kredit

JAKARTA-Industri perbankan diduga melakukan cleaning atau pembersihan terhadap kartu yang