Sonny Keraf : Debat Cawapres bukan Kelompencapir

Tuesday 23 Jan 2024, 10 : 30 pm

JAKARTA – Penampilan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres, Minggu (21/1/2024) lalu, masih menjadi perbincangan hangat publik di tanah air.

Termasuk juga  anggota Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Alexander Sonny Keraf.

Mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup 1999-2001 itu mengatakan debat capres-cawapres harusnya menjadi uji gagasan dan program dengan mengedepankan aspek akademis, teknokratis, dan dimensi ideologis.

Debat capres-cawapres bukanlah ‘kelompencapir’ ala Orde Baru. Dalam pertemuan ‘kelompok pendengar, pembaca, dan pemirsa’ kala itu, Soeharto melakukan tebak-tebakan dengan para petani,” sindir Sonny.

Menurutnya, hal-hal teknis seperti ‘greenflation’, dan ‘carbon capture’ tak perlu dipertanyakan dalam forum selevel debat capres.

Harusnya debat itu memaparkan visi misi serta bagaimana menjabarkan program secara akademis dan teknokratis serta apakah secara ideologis sudah sesuai dengan Pancasila, UUD 1945 dan cita-cita berdirinya bangsa ini.

Sehingga  dalam kontestasi memilih pemimpin tertinggi bangsa, selain melihat visi misi kandidat,  masyarakat untuk memilih calon pemimpin dengan karakter dan figur yang memiliki kredibilitas serta integritas tinggi, terutama pada komitmen pemberantasan korupsi.

Pasca Debat Cawapres Minggu (21/1/2024) lalu,  banyak pihak yang menyayangkan sikap Gibran yang mempermalukan cawapres lain  dengan pertanyaan-pertanyaan yang oleh Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD sebagai pertanyaan receh.

Di meda sosial, banyak yang menyayangkan gestur Gibran yang seolah-olah merasa lebih pintar dibandingkan 2 cawapres lainnya.

“Kita patut prihatin, pascareformasi 1998, ternyata hampir semua lembaga tinggi negara tersangkut kasus korupsi. Pilih pemimpin yang punya sikap antikorupsi, karena itu akan berpengaruh pada kehidupan kita. Saya yakin sosok itu ada pada Ganjar-Mahfud, karena saya mengenal mereka dengan baik,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PMI Manufaktur di Level 52,2, Indonesia Lampaui Vietnam dan Thailand

JAKARTA-Industri pengolahan nonmigas di tanah air masih menunjukkan geliatnya yang

Kemenperin Bidik Ekspor Industri TPT Capai USD 14 Miliar

JAKARTA-Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) merupakan salah satu sektor