S&P Revisi Outlook RI

Jumat 3 Mei 2013, 3 : 55 pm
by

JAKARTA-Lembaga Pemeringkat Internasional Standard and Poor’s (S&P) melakukan afirmasi Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada level ‘BB+’ long-term dan ‘B’ short-term serta merevisi outlook Republik Indonesia menjadi stabil dari positif.

Dalam siaran persnya, S&P menyatakan bahwa posisi rating tersebut didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang kuat dalam dekade terakhir, pengelolaan fiskal yang berhati-hati dan beban utang pemerintah yang rendah.

Namun demikian, Agost Bernard, analis utama S&P untuk Indonesia menyatakan bahwa terdapat pelemahan implementasi kebijakan yang mengurangi dukungan terhadap prospek pertumbuhan ekonomi dan kondisi perekonomian secara umum. Di samping itu, kondisi eksternal perekonomian juga mengalami kerentanan yang ditunjukkan oleh defisit transaksi berjalan serta peningkatan utang luar negeri sektor swasta.

Bank Indonesia tetap meyakini kondisi perekonomian Indonesia mampu menunjukkan kinerja yang kuat di tengah krisis keuangan dan ekonomi global. “Kami yakin bahwa ekonomi Indonesia mampu menunjukkan kinerja yang kuat di tengah krisis keuangan dan ekonomi global. Bank Indonesia akan secara konsisten menempuh kebijakan moneter secara berhati-hati guna memelihara kestabilan makroekonomi dan sistem keuangan sehingga ekonomi Indonesia tetap berada di jalur yang tepat dan akan tumbuh lebih baik lagi” ujar Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution

 

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pada rencana penerbitan Obligasi Berkelanjutan II Tahap I-2021 senilai maksimal Rp3 triliun, surat utang ini akan terbagi menjadi tiga seri, yakni Seri A bertenor 370 Hari Kalender, Seri B bertenor tiga tahun dan Seri C bertenor lima tahun.

Indah Kiat Pulp & Paper Lunasi Obligasi Senilai Rp2,46 Triliun

JAKARTA-Manajemen PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) mengumumkan,

Saksikan Fenomena Embun Upas, Puan Dorong Peningkatan Infrastruktur Kawasan Dieng

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani berkunjung ke kawasan Dieng, Wonosobo,