Survei BI: Penjualan Eceran Mei 2016 Meningkat

Monday 18 Jul 2016, 9 : 43 pm
by
photo ilustrasi

JAKARTA-Survei Penjualan Eceran Mei 2016 mengindikasikan bahwa secara tahunan penjualan eceran meningkat. Hal tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Mei 2016 yang tumbuh 13,5% (yoy), lebih tinggi dibandingkan April 2016 yang sebesar 11,2% (yoy).

Keterangan tertulis Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) menjelaskan pertumbuhan penjualan tertinggi terjadi pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi (37,0%; yoy), terutama didorong oleh penjualan produk elektronik (audio/video). Sementara itu, pertumbuhan penjualan terendah terjadi pada kelompok bahan bakar kendaraan bermotor (-18,6%; yoy). “Secara regional, pertumbuhan penjualan eceran tertinggi terjadi di Bandung sedangkan pertumbuhan terendah terjadi di Banjarmasin,” seperti dikutip dari situs BI di Jakarta, Senin (18/7).

Diperkirakan, pertumbuhan positif penjualan eceran berlanjut pada Juni 2016. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan IPR Juni 2016 yang sebesar 13,5% (yoy), sama dengan pertumbuhan bulan sebelumnya. Pertumbuhan penjualan tahunan tertinggi diperkirakan terjadi pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi (34,0%; yoy), diikuti oleh kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya (19,7%; yoy), antara lain didorong oleh penjualan produk perabot rumah tangga.

Survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga pada Agustus 2016 diperkirakan melambat, seiring dengan kembali normalnya permintaan masyarakat pasca hari raya Idul Fitri. Indikasi ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 117,2, lebih rendah dari 148,0 pada bulan sebelumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PUPR Sertifikasi 12.000 Tenaga Kerja Konstruksi

JAKARTA-Program sertifikasi tenaga kerja konstruksi terus dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan

Sebanyak 6.802 Napi Dapat Remisi

SURABAYA-Pemprov Jatim bersama Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan pengurangan