Survei IPE, Elektabilitas Ganjar-Mahfud Naik 4,39%, Peran Kampanye Atikoh Dipuji

Saturday 20 Jan 2024, 1 : 01 am
by
Aktivis dan Pengamat Politik Indonesia, Ray Rangkuti

JAKARTA-Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti memuji pola berkampanye yang dilakukan Siti Atikoh Supriyanti, istri Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo.

Safari politik yang dilakukan Atikoh ke berbagai daerah di Tanah Air, dinilai berhasil mendongkrak tingkat elektabilitas pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD.

Berdasarkan hasil jajak pendapat yang dilakukan Indonesia Political Expert (IPE), elektabilitas Ganjar-Mahfud meningkat 4,39%, dibandingkan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar yang hanya 4,10% dan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka 2,82%.

Kampanye turun ke daerah yang dilakukan Atikoh selain menarik minat pemilih, juga memiliki pangsa pasar tersendiri.

Demikian juga kampanye yang dilakukan putra semata wayang Capres Ganjar dan Atikoh, Muhammad Zinedine Alam Ganjar yang akrab disapa Alam, yang menyasar kaum Milenial dan Gen-Z.

“Siti Atikoh hampir setiap hari kampanye. Alam juga ada pangsa pasarnya, ada daya tarik dirinya menyasar Gen Z,” ujar Ray di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Ia mengatakan, faktor lain yang mendongkrak keterpilihan pasangan Ganjar-Mahfud adalah cara Ganjar berkampanye yang langsung bertemu masyarakat di lapangan, berdialog, dan menginap di rumah warga.

Hal inilah, ujarnya, yang membedakan cara kampanye Paslon Nomor Urut 3 dibandingkan Paslon Nomor Urut 1 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dan Paslon Nomor Urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

“Anies juga turun ke daerah seperti Ganjar, tapi penerimaan masyarakat berbeda. Semua Paslon memang turun ke lapangan bertemu warga, namun daya pikat berbeda. Gaya Anies dan Ganjar berbeda,” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Serap Aspirasi dan Keluhan Petani, DPP HKTI Rayakan Hari Tani Nasional

JAKARTA-Masyarakat Indonesia  khususnya  insan tani merayakan Hari Tani Nasional yang

SMDR Tunda Pelaksanaan Stock Split Dengan Rasio 1:5

JAKARTA-PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) melaporkan bahwa perseroan memutuskan untuk