Terminal 3 Bandara Soetta Bisa Tampung 11 Pesawat

Friday 16 May 2014, 3 : 19 pm
kontan.co.id

TANGERANG-Perluasan terminal 3 bandara Soekarno Hatta menjadikan bandara ini bisa berkompetisi dengan bandara lainnya. Karena itu diharapkan bandara ini bisa lebih banyak menampung jumlah pesawat. “Ya, bisa menampung sekitar 11 pesawat,” kata Kepala Humas PT  Angkasa Pura II Achmad Syahir, Jumat, (16/05/2014).

Menurut Syahrir, rencananya pembangunan tahap I dari proyek senilai Rp 4,7 triliun ini akan selesai pada September 2014. Namun hingga kini perusahaan ini belum memutuskan berapa maskapai yang akan beroperasi ketika separuh proyek tersebut rampung.  “Untuk Terminal 3 tahap I luasnya akan bertambah 65.000 meter persegi (m2),” ujarnya.

Lebih lanjut kata  Achmad, hingga saat ini  maskapai yang beroperasi di terminal baru ini masih sama dengan maskapai yang beroperasi di terminal 3 saat ini seperti Lion Air, Air Asia dan Tigerair Mandala. Meski demikian, ketika terminal 3 tahap I ini beroperasi, dipastikan sudah ada beberapa penyewa (tenant) yang mengisi lokasi tersebut.  Saat ini proses seleksi penentuan siapa tenant yang akan beroperasi masih terus berlangsung. “Saya belum dapat data siapa saja yang sudah menyatakan ketertarikanya,” tuturnya

Berdasarkan informasi, hingga sampai 11 Mei 2014, pembangunan perluasan Terminal 3 Soekarno Hatta sudah mencapai 30%. Konsorsium Kawahapejaya Indonesia yang merupakan KSO gabungan dari 10 perusahaan konstruksi yang membangun proyek tersebut saat ini tengah mengerjakan separuh bagian pekerjaan. Adapun bagian yang ditargetkan rampung pada tahap I yaitu  terminal domestik, area parkir barat dan jembatan layang untuk menurunkan para penumpang.

Sejauh ini pekerjaan perluasan Terminal 3 ini sudah menghabiskan dana Rp 236 miliar dari total anggaran Rp 4,7 triliun. Dalam proyek tersebut selain mengandalkan dana internal perusahaan konsorsiun juga mendapat pinjaman perbankan. Sesuai rencana awal, 30% dana berasal dari dana internal dan sisanya 70% dari hasil pinjaman. (ek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemenag Terkesan Asal-Asalan Kelola Pendidikan Islam

JAKARTA-Kementerian Agama dinilai tidak memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Pertamina Siap Tindaklanjuti Kerjasama Pencarian Sumber Minyak

JAKARTA-PT Pertamina (Persero) menyambut positif inisiasi pemerintah untuk menjembatani upaya