Tingkatkan Layanan 5G dan IoT, EXCL Gandeng PLN Icon Plus

Thursday 2 Mar 2023, 10 : 42 pm
Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi dengan Presiden Direktur CEO XL Axiata, Dian Siswarini, melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang penyelenggaraan infrastruktur telekomunikasi di Barcelona, Selasa (28/2). (Foto: Dok. PLN Icon Plus)

JAKARTA-PT XL Axiata Tbk (EXCL) menyepakati kerjasama dengan PT Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus) dalam upaya meningkatkan layanan kepada pelanggan dan memperluas akses layanan dalam mengadopsi teknologi baru, seperti 5G, Internet of Things (IoT) dan digitalisasi penggerak ekonomi masyarakat.

Menurut Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam siaran pers EXCL yang dilansir Kamis (2/3), melalui kerja sama ini, EXCL dan PLN Icon Plus dapat menggunakan solusi infrastruktur dan teknologi yang lebih cepat, efesien serta tepat sasaran.

Perlu diketahui, penandatanganan kerjasama ini berlangsung di sela-sela arena Mobile World Congress 2023 di Barcelona, Spanyol, Selasa (28/1), masing-masing oleh Dian Siswarini dan Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi.

“Kami melihat PLN Icon Plus sangat baik dalam melayani masyarakat dalam menyediakan kebutuhan akses internet dan digitalisasi, dengan memanfaatkan infrastruktur miliknya yang tersebar merata sampai ke pelosok Indonesia,” papar Dian.

Dian berharap, kerjasama ini dapat melayani kebutuhkan masyarakat atas akses digital dan selular dengan lebih cepat dan biaya yang lebih efisien.

Sementara itu, Ari Rahmat mengatakan, saat ini New PLN Icon Plus membuka seluas-luasnya peluang untuk berkolaborasi dengan semua pihak.

“Kerjasama PLN Icon Plus dengan XL Axiata sudah terjalin sejak lama, yaitu dalam hal penyediaan jaringan backbone antarkota dan fiberisasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Dian menegaskan, EXCL dan PLN Icon Plus akan memadukan infrastruktur yang dimiliki, seperti fiber optik, tower/pole, kabel bawah laut, dan data center.

Selain itu juga mencakup kerjasama terkait IoT dan digitalisasi untuk mendukung tim operasional di lapangan dalam melayani masyarakat.

“Selain digitalisasi untuk mempermudah pelayanan ke masyarakat. Melalui XL Axiata Business Solutions, kerjasama ini juga dapat dimanfaatkan pelanggan korporasi untuk mendapatkan solusi ICT terintegrasi terbaik dan dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnis,” papar Dian.

Menurut Dian, kerjasama ini terbuka dalam beberapa opsi yang sedang difinalisasi berdasarkan kebutuhan kedua belah pihak.

Sementara itu, kata dia, durasi waktu kerjasama akan berlaku selama satu tahun dan terbuka peluang untuk diperpanjang sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Desember 2015, Tingkat Kesejahteraan Petani Turun 0,11%

JAKARTA-Tingkat kesejahteraan petani di Indonesia pada akhir 2015 mengalami penurunan

Indonesia-Turki Sepakat Kembangkan Islam Moderat

JAKARTA-Indonesia dan Turki berkeinginan untuk menciptakan perdamaian dan dunia Islam