TPC Berharap Jokowi Memahami “Etika Presiden’”

Wednesday 23 Jul 2014, 12 : 28 pm
rmol.co

JAKARTA-Pasca penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Joko Widodo dan M Jusuf Kalla resmi menjadi Presiden Republik Indonesia yang baru. Karena itu, Jokowi perlu menjaga perilaku dan komitmennya terhadap rakyat. “Ada baiknya, Presiden terpilih Jokowi dapat membaca buku ‘Etika Presiden’ ini.

Buku setebal 200 halaman tersebut merupakan buku etika yang merupakan elaborasi dari filsafat kepemimpinan Jawa,” kata Direktur eksekutif The Presiden Center (TPC), Didied Mahaswara di Jakarta, Rabu, 23/07/2014.

The Presiden Center (TPC) yang menaungi Lembaga Kenegarawanan Nasional hari ini menyampaikan buku Etika Presiden Dalam Tuntunan Dasabrata yang diserahkan secara langsung Direktur Eksekutif TPC Didied Mahaswara.

Buku berisi pedoman etika kepemimpinan tersebut disampaikan kepada Wakil Ketua MPR Melani Leimena Suharli di Gedung MPR Senayan dan Ketua KPU Husni Kamil Malik melalui Humas KPU di Jalan Imam Bonjol 29. Yang menarik buku ini juga disampaikan untuk kedua pasangan capres dan cawapres.

Didied Mahaswara sebagai penulis buku berharap, Jokowi bisa memahami dan mengambil penuh makan buku Etika Presiden, ini. Aspek kepemimpin bagi masyarakat Jawa terkenal dengan sebutan, Asta Brata. “Namun saya tambah lagi menjadi Dasa Brata yang intinya menjadi 10 etika atau sifat kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin,” terangnya.

Lebih jauh Didied menambahkan TPC ingin turut serta berpartisipasi Politik demi terwujudnya suasana penuh kedamaian bagi kedua Kandidat Capres dan Cawapres Nomor urut 1 dan Nomor urut 2, beserta seluruh para pendukungnya.

Menggalang rasa persatuan dan kesatuan bangsa demi terwujudnya keamanan dan kesejahteraan Bangsa, melalui Buku ETIKA PRESIDEN dengan mengajak kepada Kandidat Capres dan Cawapres baik yang terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden maupun yang tidak terpilih, selanjutnya dapat bersatu dengan melakukan kerjasama dalam mengelola Pemerintahan secara berkesinambungan selama 5 (lima) tahun ke depan.

Menyampaikan berbagai pedoman dan tuntunan tentang kepemimpinan yang Ideal untuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih melalui isi buku ETIKA PRESIDEN dapat dipakai sebagai referensi atau rujukan agar pada saat berkuasa selalu membuat kebijakan yang tepat dan sesuai dengan aspirasi rakyat.
Sedangkan bagi Capres-Cawapres yang tidak terpilih dan masyarakat yang membaca buku dimaksud, dapat dipakai untuk menilai dan mengoreksi sejumlah langkah dan perilaku presiden dan wapres terpilih terkait pemenuhan janji-janjinya pada saat kampanye PILPRES dan mengelola pemerintahan dengan baik. (ek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Masih 70 Juta Bidang Tanah Yang Belum Bersertifikat

GORONTALO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, hingga saat ini masih

Kebutuhan Pembiayaan dan Penyaluran Kredit Baru Meningkat Pada Maret

JAKARTA – Kebutuhan pembiayaan korporasi pada Maret 2024 terindikasi meningkat,