TPIA Utang ke BBRI Senilai USD325 Juta

Wednesday 5 Jan 2022, 5 : 24 pm
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk

JAKARTA- Guna dapat merealisasikan rencana pembangunan kompleks petrokimia kedua (CAP2), PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) berutang kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) sebesar USD325 juta.

Berdasarkan keterbukaan informasi TPIA yang dipublikasi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa (4/1), BBRI memberikan fasilitas pembiayaan kepada TPIA sebesar USD325 juta yang terdiri dari fasilitas pembiayaan berskema term loan senilai USD75 juta, fasilitas-fasilitas non-cash loan senilai USD175 juta dan Forex Line senilai USD75 juta.

Menurut Direktur Keuangan & Chief Financial Officer TPIA, Andre Khor, penandatanganan kerjasama antara BBRI dan TPIA ini merupakan awal kemitraan bagi kedua belah pihak untuk dapat melanjutkan realisasi rencana pembangunan kompleks petrokimia kedua milik perseroan yang berskala global.

“Kami optimistis kerjasama ini akan memperkuat posisi Chandra Asri sebagai obyek vital nasional yang strategis. Hal ini menjadi langkah penting yang dapat membantu upaya Indonesia dalam penghematan devisa secara signifikan, mempercepat pertumbuhan, serta industrialisasi petrokimia lebih lanjut,” ujar Andre.

Andre menyampaikan, kerjasama BBRI dan TPIA ini diharapkan dapat mendorong pembangunan CAP2, sehingga nantinya dapat mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor, menciptakan lapangan kerja dan diharapkan bisa mendukung perkembangan industri hilir petrokimia lokal.

TPIA merupakan produsen petrokimia yang mengoperasikan satu-satunya Naphtha Cracker di Indonesia, memproduksi Olefin (Etilena, Propilena), Pygas dan Mixed C4, Poliolefin (Polietilena dan Polipropilena), Styrene Monomer, Butadiene, Methyl Tert-butyl Ether (MTBE) dan Butene-1. Dengan pembangunan Kompleks CAP2, TPIA bisa meningkatkan kapasitas produksi dari 4,2 juta ton menjadi lebih dari 8 juta ton per tahun.

Sementara itu, menurut Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BBRI, Agus Noorsanto, pemberian fasilitas pembiayaan ini merupakan komitmen BRI dalam memberikan layanan dan solusi terintegrasi, inovatif dan menjadi financial solutions bagi transaksi bisnis TPIA secara jangka panjang.

“Kerjasama ini merupakan langkah awal pengembangan bisnis yang kuat dan sehat antara BRI dan Chandra Asri, sehingga diharapkan BRI dapat memberikan value added dari setiap transaksi Chandra Asri dari hulu ke hilir,” ucap Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Dukung Program Cashless Society, Shell Luncurkan Shell Fleed Card

JAKARTA-PT Shell Indonesia ingin mengambil bagian dalam program “Cashless Society”

BTN Layani Restrukturisasi Lewat Online Debitur Terimbas Covid-19

DEPOK-Sejumlah pekerja kebersihan salah satu perumahan di wilayah Depok Jawa