TPN: Debat Ketiga Pilpres 2024, Ganjar Tekankan National Interest

Sunday 7 Jan 2024, 10 : 37 pm
by
Wakil Ketua Koordinator Tim Pemenangan Nasional (TPN) Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD, TGB HM Zainul Majdi

JAKARTA-Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menegaskan bahwa dalam debat ketiga Pilpres 2024 akan menekankan tentang pentingnya national interest (kepentingan nasional) Indonesia, dalam menghadapi perubahan-perubahan dunia yang terjadi saat ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

“Satu hal yang selalu ditekankan Mas Ganjar adalah bahwa seluruh pembicaraan politik luar negeri kita harus menumpukan national interest atau kepentingan nasional sebagai poros,” ujar TGB.

Artinya, lanjut TGB, Ganjar menegaskan atas dasar kepentingan nasional tadi maka Indonesia tidak boleh menjadi subordinasi kepentingan negara manapun.

Geopolitik Indonesia menghadapi dua kekuatan besar yang saling tarik-menarik.

Indonesia harus tetap kokoh dengan national interest-nya.

Menurut TGB, Ganjar akan siap menghadapi debat ketiga yang mengangkat isu-isu Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Globalisasi

Ini karena, menurut TGB, tema-tema tersebut sudah sering disampaikan Ganjar dan Mahfud, baik saat blusukan, dan dalam forum-forum saat keduanya diundang untuk menyampaikan pandangan-pandangan terkait politik luar negeri, pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

“Jadi secara persiapan sudah siap, bagus. Alhamdulillah,” tegas TGB.

Disinggung mengenai evaluasi debat perdana, TGB mengatakan diskusi berjalan terus.

Jika dicermati pada debat pertama, lanjut TGB, penampilan Ganjar sangat proporsional, tidak banyak “kembang-kembangnya”, tetapi substansinya disampaikan dengan baik.

“Saya pikir kita akan menyaksikan beliau menyampaikan hal-hal penting, substansi dari apa-apa yang ingin dikerjakan ketika nantinya memimpin Indonesia, khususnya dalam konteks pertahanan dan hubungan luar negeri kita,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Setuju Proposal Kenegaraan DPD RI, Akademisi Dorong Pilpres Diselenggarakan di MPR

BANDUNG-Proposal kenegaraan DPD RI yang ditawarkan Ketua DPD RI, AA

Rupiah Melemah Rp13.778/Dolar

JAKARTA-Nilai tukar rupiah dalam transaksi antarbank di Jakarta pada Kamis