Ungkit Kejayaan Rempah Indonesia, Kemenperin Racik IKM Hilirisasi Lada

Monday 25 Sep 2023, 4 : 30 pm
IKM Pengolah rempah-rempah/Foto: Dok Kemenperin
IKM Pengolah rempah-rempah/Foto: Dok Kemenperin

Tak hanya di dua kabupaten tersebut, Ditjen IKMA juga turut mengembangkan Sentra IKM Lada Kabupaten Lampung Timur sejak tahun lalu melalui bimtek produksi dan sistem keamanan pangan, serta fasilitasi bantuan mesin dan peralatan.

Sentra IKM Lada Kabupaten Lampung Timur juga telah ditetapkan sebagai Desa Devisa yang merupakan hasil kerja sama antara Ditjen IKMA dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor Indonesia (Indonesia Eximbank).

“Dalam pola pengembangan sentra IKM hilirisasi lada melalui DAK, Ditjen IKMA memfasilitasi pembentukan ekosistem yang melibatkan petani lada, industri pengolahan, serta eksportir untuk mampu menghasilkan olahan lada yang berkualitas dan siap dipasarkan ke industri besar, retail premium, serta ke sektor hotel, restoran, dan kafe atau sektor horeka,” terang Reni.

Reni menambahkan, di dalam ekosistem ini, Ditjen IKMA menjalankan sejumlah program untuk menggenjot daya saing hilirisasi industri, seperti branding, pendampingan manajemen usaha, pendampingan sistem mutu dan teknologi produksi, kemasan, serta peningkatan traceability produk akhir.

Sementara itu, Direktur IKM Pangan, Furnitur, dan Bahan Bangunan Yedi Sabaryadi mengungkapkan, salah satu IKM penghasil olahan rempah, termasuk lada, menjadi bumbu masak dan racikan, yang telah mendapatkan fasilitasi Ditjen IKMA untuk pengembangan produk dan usahanya yaitu CV Samara Micron Saleronell.

Perusahaan asal Bandung yang telah 55 tahun memproduksi bumbu rempah dan bumbu racik masakan ini menerima bantuan reimbursement mesin dan/atau peralatan dari program restrukturisasi Ditjen IKMA.

Samara Micron juga mendapatkan pendampingan sistem keamanan pangan HACCP, serta difasilitasi untuk berpartisipasi dalam Pameran Trade Expo Indonesia 2022 dan Pameran Adirasa Nusantara 2022.

“Partisipasi IKM dalam pameran berskala nasional dan internasional tersebut bertujuan untuk mendongkrak potensi ekspor komoditas bumbu dan rempah kita,” kata Yedi.

Program pengembangan IKM rempah Ditjen IKMA Kemenperin ini sejalan dengan program kolaboratif pemerintah, Indonesia Spice Up The World (ISUTW), yang bertujuan mengangkat nilai ekspor kekayaan rempah, bumbu masakan, sekaligus mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia.

Program ini adalah bentuk gastropdiplomasi Indonesia, dengan menargetkan peningkatan nilai ekspor rempah dan bumbu sebesar US$ 2 miliar, dan mengaktivasi sebanyak 4.000 restoran Indonesia di berbagai negara pada tahun 2024.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

APEC Didesak Percepat Liberalisasi

BEIJING – Sejumlah negara anggota Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) mendesak kerja

Pemerintah Tetapkan BMTP Atas Barang Impor SWR 14,5%

JAKARTA-Pemerintah akhirnya menetapkan pengenaan Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP) atas