UPT Labkesda Kota Tangsel Tutup Sementara Layanan Pemeriksaan Sampel Covid-19

Wednesday 20 Jan 2021, 2 : 06 pm
by
Unit Pelayanan Teknis (UPT) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang Selatan, mengumumkan, sementara ini tidak menerima layanan pemeriksaan sampel Covid-19 yang diajukan Fasilitas Kesehatan (Faskes).

TANGERANG-Pelayanan Teknis (UPT) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang Selatan, mengumumkan, sementara ini tidak menerima layanan pemeriksaan sampel Covid-19 yang diajukan Fasilitas Kesehatan (Faskes).

“Sehubungan adanya maintenance alat PCR SARS Cov2, maka bersama ini UPT Labkesda Kota Tangsel, memberitahukan bahwa mulai Rabu, tanggal 20 Januari 2021 tidak menerima sampel Covid-19,” sebut surat pemberitahuan yang ditandatangani Kepala Labkesda Tangsel, Riki Hermawan, Rabu 20 Januari 2021.

Riki mengaku juga belum dapat memastikan, kapan layanan pemeriksaan sampel Covid-19 itu bisa kembali dilakukan Labkesda Tangsel.

“Maintenance ini sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” ucap dia

Wakil wali kota Tangsel, Benyamin davnie mengaku perawatan terhadap alat kesehatan PCR tes tersebut mesti dilakukan untuk memastikan uji sampel dengan alat tersebut, terakurasi.

“Maintenance harus dilakukan untuk mengkalibrasi alat – alat tersebut. Sementara sampel PCR dikirim ke laboratorium lain,” kata Benyamin.

Bemyamin mengakui, Dinkes Tangsel, juga sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah fasilitas laboratorium lain baik milik pemerintah dan swasta.

“Seperti milik Kemenkes dan laboratorium fakultas kedokteran Univesitas Indonesia serta fasilitas lab rumah sakit swasta lain,” ucap Benyamin.

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengaku akan mengevaluasi keterlambatan hasil tes swab di Tangsel, yang dianggap masyarakat lamban untuk memperoleh hasil tes setelah pengambilan sampel dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gandeng Ponpes Tebu Ireng, BTN Edukasi Santri Jadi Pengembang Perumahan

JOMBANG-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggandeng Pondok Pesantren Tebuireng

Brandtone Tunjuk Country Head untuk Indonesia

JAKARTA-Brandtone telah menunjuk Brata Rafly sebagai Country Head untuk memperkuat