Usaha Mikro Bebas PPh

Monday 20 May 2013, 5 : 49 pm
koran-jakarta.com

MANADO – Pemerintah menegaskan pelaku usaha mikro termasuk pedagang kaki lima (PKL) yang tidak memiliki usaha yang menetap, dibebaskan dari pungutan Pajak Penghasilan (PPh) mulai tahun ini.

“Pelaku UMKM termasuk PKL yang usahanya berpindah-pindah akan dibebaskan dari PPh mulai tahun ini,” kata Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan di Manado, Senin,(20/5).

Namun, kata Sjarifuddin, tidak hanya pelaku usaha mikro yang mendapatkan kemudahan.

Namun juga seluruh pelaku usaha yang memiliki omzet tidak lebih dari Rp4,8 miliar pertahun hanya akan dikenai pajak 1 %.

“Pada prinsipnya, usaha yang tidak memiliki tempat tetap tidak terjerat dengan pengaturan pajak ini,” tuturnya.

Dengan kata lain, sambung Sjarifuddin lagi, itu artinya, kata dia, pelaku usaha tinggal mengkalkulasikan sendiri besaran pajak yang akan dibayarkan kepada negara sesuai dengan omzet yang dimilikinya.

Baca juga :  Indonesia Bisa Jadi Raksasa Ekonomi Dunia di 2025

“Hitung dan langsung setor sendiri, ini juga sudah final, sehingga pelaku usaha tidak akan diganggu-ganggu lagi usahanya,” terangnya.

Sedangkan bagi usaha yang memiliki omzet di atas Rp4,8 miliar pertahun akan dikenai pajak sesuai dengan perundangan yang berlaku sebelumnya.

Kemudahan-kemudahan itu menjadi bukti keberpihakan pemerintah terhadap sektor UMKM di Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Boediono: Amankan Energi Untuk Selamanya

JAKARTA-Mengamankan energi tidak hanya hingga tahun 2030, tetapi untuk selamanya.

Fahri : KPK Gagal Berantas Korupsi

JAKARTA-Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai bahwa Komisi Pemberantasan