Uskup Padang Hadiri Pertemuan IRRIKA di KBRI Vatikan

Wednesday 22 Nov 2023, 10 : 56 pm
by
Uskup Padang, Mgr Vitus R Solichin, SX (menghadap kamera) memberikan sambutan di hadapan para rohaniwan rohaniwati yang tergabung dalam IRRIKA di KBRI Untuk Tahta Suci di Roma, Sabtu (18/11/2023).

ROMA-Uskup Keuskupan Padang Mgr Vitus R Solichin, SX, menghadiri pertemuan perkenalan Duta Besar LBBP Takhta Suci Vatikan Michael Trias Kuncahyono dengan para rohaniwan-rohaniwati yang berada di Roma.

Pertemuan diselenggarakan di KBRI Takhta Suci Vatikan di Roma pada akhir pekan lalu, Sabtu (18/11/2023).

Tak kurang dari 150 rohaniwan-rohaniwati yang tergabung dalam Ikatan Rohaniwan Rohaniwati Indonesia di Kota Abadi Roma (IRRIKA).

Saat ini tercatat ada 1568 rohawan-rohaniwati Indonesia di Italia yang ada di berbagai kota.

Salah satu tanggung jawab KBRI Takhta Suci Vatikan adalah mengurusi mereka.

Mereka ada yang sedang tugas belajar, ada yang berkarya (di bidang pendidikan, kesehatan, mengurusi panti jompo dan juga anak-anak yatim piatu), dan ada yang berkarya di Vatikan serta menjabat sebagai pimpinan ordo, konggregasi atau tarekat.

Hadir pula dalam pertemuan itu Kuasa Usaha ad Interim (KUAI) KBRI Roma, Lefianna H. Ferdinandus dan beberapa stafnya, serta para anggota Dharma Wanita baik KBRI Takhta Suci maupun Roma.

Menghadirkan Indonesia

Dalam pesannya Uskup Vitus mengingatkan agar para rohaniwan-rohaniwati baik yang berkarya maupun belajar, benar-benar menghadirkan Indonesia, wajah Indonesia yang majemuk, yang cinta damai, dan yang toleran.

Dengan kata lain, para anggota IRRIKA harus benar-benar “100 persen Katolik, 100 persen Indonesia”, mengutip semboyan yang disampaikan Uskup Agung Semarang Mgr. Albertus Soegijapranata (1896-1963).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk

GOTO Catatkan EBITDA Disesuaikan Positif pada Kuartal IV Tahun 2023

JAKARTA – Manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berhasil mencatatkan

Wawali Tangerang Ingatkan Warga Bayar PBB

TANGERANG-Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin mengajak seluruh komponen masyarakat Kota Tangerang