Usung Slogan Melintasi Batas, Menyatukan Budaya; Dialektika Budaya Timur Tengah Lewat Festival Seni & Sastra

Tuesday 28 Nov 2023, 8 : 26 am
by
FTT 2023 Universitas Indonesia. Festival Timur Tengah (FTT) 2023 yang digelar mahasiswa Program Studi Arab Universitas Indonesia dihadiri Duta Besar Qatar untuk Indonesia, H.E. Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti, Charge d'affaires Kuwait untuk Indonesia, H.E. Abdullah Alfadhli; Direktur Timur Tengah Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Bagus Hendraning Kobarsyih; Dekan FIB UI, Bondan Kanumoyoso; Ketua Program Studi Arab, Bastian Zulyeno di Kampus UI Depok (27/11).

DEPOK-Mahasiswa Program Studi Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Asia Barat (IKABA FIB) menggelar grand launching Festival Timur Tengah Universitas Indonesia (FTT UI) 2023 dengan tema Al-Syarq Yafûq Al-Gharb (The East Beyond the West).

Festival yang mengusung slogan “Melintasi Batas, Menyatukan Budaya” digelar selama 4 hari dari 27 – 30 November di area Auditorium Gedung IX FIB UI dengan dimeriahkan 10 jenis lomba yang diikuti 234 peserta terdiri dari kategori umum, mahasiswa dan siswa SMA/sederajat dari seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara ini Duta Besar Kuwait untuk Indonesia, H.E. Abdullah Alfadhli; Duta Besar Qatar untuk Indonesia, H.E. Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti, Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Bagus Hendraning Kobarsyih; Dekan FIB UI, Bondan Kanumoyoso; Ketua Program Studi Arab, Bastian Zulyeno.

Penyelenggaraan FTT UI 2023 ini merupakan perhelatan ke-12 sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010 yang pada saat itu menghasilkan sebuah organisasi yang menghimpun seluruh Mahasiswa Prodi Arab dengan nama IMASASI (Ikatan Mahasiswa Sastra Arab se-Indonesia).

Ada 10 macam yang diperlombakan dalam FTT 2023 kali ini meliputi Taqdimul qishoh (tutur kisah), Qira’ah asy-syi’ir (baca puisi), Qira’ah akhbar (baca berita berbahasa arab), Al munadharah (debat berbahasa arab), Ghina’ araby (menyanyi arab), Al ma’lumat (cerdas cermat), Al wuquf al kumidiu (stand-up comedy), Fannu Al khatti Al Arabiy (kaligrafi), Dablajatu kartun (sulih suara) dan Al Maqalat (esai). Kegiatan ini melibatkan perwakilan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang memiliki Program Studi Arab, Sastra Arab, dan Pendidikan Bahasa Arab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jokowi: Budaya Batak Sejalan Dengan Nilai Islam ‘Rahmatan Lil Alamin”

MEDAN-Presiden Joko Widodo meyakini nilai-nilai luhur budaya Batak sejalan dengan
Presiden kembali menekankan bahwa sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia Indonesia harus menjadi pemain utama dalam ekonomi syariah dan industri halal di dunia sekaligus menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah global

Presiden Minta MES Jadi Lokomotif Pengembangan Ekonomi Syariah

JAKARTA-Presiden RI Joko Widodo mendorong Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk