UUD Harus Menyesuaikan Kebutuhan Zaman

Tuesday 18 Aug 2015, 1 : 21 pm
Ketua MPR, Zulkifli Hasan

JAKARTA-Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan konstitusi harus bisa menyesuaikan dengan kondisi kekinian. Sehingga perlu dipikirkan apakah sistem tata negara sudah ideal atau belum. “Jika belum ideal di mana kendalanya dan apa upaya kita untuk meluruskan kedaulatan bangsa. Apakah gerak bangsa ini sudah sesuai dengan yang diharapkan pendiri bangsa,” katanya dalam hari peringatan konstitusi di Jakarta, Selasa (18/8/2015).

Menurut Ketua umum PAN, konstitusi merupakan keseluruhan sistem yang mengatur seluruh sendi kehidupan masyarakat dan bangsa. “Untuk itu UUD NRI Tahun 1945 merupakan hukum tertinggi yang menjamin kedaulatan rakyat; ujarnya.

Lebih lanjut ditegaskan UUD harus menjadi konstitusi yang hidup dan bekerja dan menyesuaikan kebutuhan jaman.

Dipaparkan, reformasi telah membawa perubahan fundamental dalam sistem ketatanegaraan. Dalam bidang ketatanegaraan, lembaga negara mengalami perubahan susunan dan kedudukan tak lagi vertikal hierarkhis namun horisontal fungsional, tak dibedakan tinggi atau rendah namun ditentukan oleh wewenang yang diberikan oleh undang-undang.

Zulkifli menambahkan MPR menginginkan sistem ketatanegaraan yang kuat sesuai amanah konstitusi. Dikatakan MPR tak hanya menjalankan wewenang yang biasa namun juga mempunyai tugas politik yakni mengawal Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Keempat hal itu dikawal demi tegaknya kedaulatan rakyat. “Jadi peran MPR tak hanya organ tata negara tetapi juga majelis kebangsaan untuk mewujudkan kehidupan yang baik, ujarnya.

Diakui Zulkifli, sistem ketatanegaraan masih berproses menuju yang ideal. Kondisi ideal adalah sistem demokrasi yang modern serta konstitusi yang tidak menanggalkan paham keindonesiaan. **cea

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Muhammad Kadafi: Anies Tanpa AHY Tak Akan Terpilih

JAKARTA-Fungsinaris Partai Demokrat (PD), Muhammad Kadafi mengaku geram dengan pernyataan

BTN Apresiasi Pengembang Rumah

JAKARTA-Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Pahala Nugraha