Walikota Parabumulih Janji Permudah Izin Pembangunan Jargas

PRABUMULIH-Walikota Prabumulih, Ridho Yahya, berjanji akan mempermudah seluruh ijin dan proses pengembangan jaringan gas (jargas) di daerahnya.
Menurutnya, pembangunan jargas kota merupakan permintaan dan keinginan dari masyarakat warga Kota Prabumulih yang ingin dapat segera menikmati jargas di rumahnya mading-masing. ‚ÄúTerdapat empat alasan utama kenapa seluruh rumah penduduk di Kota Prabumulih memungkinkan untuk dialiri jargas. Selain memiliki sumber gas alam yang berlimpah, jumlah penduduknya tidak banyak, serta ditunjang oleh kondisi pemukimannya yang sudah mengelompok. “Dan yang tidak kalah pentingnya, masyarakatnya mendukung penuh,” ujar Ridho di Taman Wonosari, Prabumulih, Sumatera Selata, Jumat (21/8).

Ridho mengatakan, hanya dengan tambahan sekitar 32 ribu sambungan, maka Kota Prabumulih akan langsung menjadi kota pertama di Indonesia yang seluruh rumah penduduknya menggunakan jarigan gas rumah kota. “Tentu ini bisa menjadi contoh untuk kota-kota lain sekaligus menjadi kebanggaan Pemerintah,” tegasnya.

Baca :  KGM Operasikan Pabrik Farmasi Senilai Rp 500 Miliar

PT Pertamina Gas (Pertagas) bertekad untuk menjadikan Kota Prabumulih menjadi kota sebagai Kota Pertama di Indonesia yang seluruh rumah penduduknya tersambung jaringan gas (jargas). “Kami akan dukung sepenuhnya guna mendukung program pemerintah yang telah menunjuk Kota Prabumulih sebagai salah satu kota yang memanfaatkan jargas,” tegas Direktur Utama PT Hendra Jaya di sela-sela lomba masak menggunakan jargas di Taman Wonosari, Prabumulih, Sumatera Selata, Jumat (21/8).
Sejak 2013, warga Kota Prabumulih telah menikmati gas alam untuk kebutuhan rumah tangga. Sumber gas kota ini diperoleh dari sumur Pertamina EP Asset-II dengan alokasi gas 0,5 MMSCFD, dan pendistribusiannya melalui pipa milik PT Pertagas. Adapun perusahaan pengelola jargas yang saat ini mencapai 4.650 sambungan tersebut dilaksanakan oleh anak perusahaan Pertagas yakni, PT Pertagas Niaga dengan menggandeng BUMD Prabumulih, PT Petro Prabu.

Baca :  Menperin Targetkan Kendaraan Bermotor Listrik Mulai Berproduksi 2019

Saat ini, Pertamina juga telah ditugasi untuk membangun dan mengelola jaringan gas kota melalui APBN Tahun Anggaran 2015 di Lhoksukon dan Pekanbaru serta mengelola jargas Lhokseumawe. Target tahun ini Pertamina juga bisa segera mengelola jargas di Sidoarjo, Kab. Bekasi, Ogan Ilir, Bontang, Subang dan Bulungan. Targetnya tiga kota gas akan mengalir pada kuarter IV tahun ini.