Wartawan Ikut Bangun Pariwisata Indonesia

Sunday 18 Oct 2015, 7 : 15 pm
by

JAKARTA-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) turut serta mempromosikan komitmen pemerintah Indonesia dalam membangun dan mengembangkan sektor infrastruktur dan pariwisata dalam negeri. Promosi itu dilakukan antara lain dengan memperkenalkan berbagai program pembangunan infrastruktur dan pariwisata Indonesia kepada delegasi Asosiasi Jurnalis Korea (JAK) yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Delegasi beranggotakan sembilan jurnalis dari berbagai media massa utama di Korea Selatan itu tiba di Jakarta pada hari Selasa (13/10) lalu dan akan kembali ke tanah air mereka dari Bali hari ini, Minggu, (18/10).

Ketua bidang Luar Negeri PWI Teguh Santosa mengatakan, kunjungan delegasi yang dipimpin Ketua JAK Park Chong Ryul itu adalah bagian dari kerjasama yang dibangun kedua organisasi jurnalis sejak 2013 lalu. PWI dan JAK berusaha meningkatan kualitas hubungan masyarakat kedua negara melalui program pertukaran kunjungan delegasi.

Ini adalah kunjungan kedua delegasi JAK, setelah kunjungan pertama yang dilakukan tahun lalu. “Tema kunjungan kali ini berkaitan dengan promosi pembangunan sektor infrastruktur dan pariwisata Indonesia. Kami memberi kesempatan kepada rekan-rekan dari JAK untuk mendengarkan langsung kebijakan pembangunan di dua sektor itu, juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk berinteraksi dengan aktor-aktor yang terlibat di lapangan,” ujar Teguh.

Delegasi JAK misalnya mendapat kesempatan bertatap muka langsung dengan Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli yang menangani kedua bidang itu. Pertemuan dengan Menko Rizal Ramli dilakukan hari Kamis (15/10) dalam jamuan makan malam yang diselingi tanya jawab di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta.

Selain itu delegasi juga bertemu dengan penyelanggara transportasi taxi dan penerbangan yang memiliki peranan penting dalam industri pariwisata. Kedua penyelenggara transportasi itu adalah BlueBird Group dan Garuda Indonesia.

Delegasi JAK juga berinteraksi dengan Artha Graha Network yang memiliki jaringan hotel di sejumlah destinasi wisata nasional serta menanam mangrove di Teluk Benoa Bali. “Mereka akan menjadi duta mangrove Indonesia,” ujar Teguh lagi.

Selama berada di Bali, delegasi JAK didampingi pengurus PWI Bali.  Dalam jamuan makan siang dengan pengurus PWI di Bali (Sabtu, 17/10), Park Chong Ryul mengatakan bahwa Bali adalah tempat wisata Indonesia yang paling dikenal masyarakat Korea.  “Ternyata Pulau Bali tiga kali lebih luas daripada Pulau Jeju yang merupakan salah satu tujuan wisata di Korea,” ungkap Park.

Adapun Ketua PWI Bali, IGMB Dwikora Putra berharap delegasi JAK dapat menceritakan keindahan Pulau Dewata kepada masyarakat Korea setelah mereka kembali ke negaranya.

“Semoga setelah ini lebih banyak lagi wisatawan asal Korea yang berkunjung ke Bali,” demikian Dwikora Putra.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Puan Bertemu Paus Fransiskus Bareng Megawati di Vatikan, Bicara soal Toleransi hingga Perdamaian Dunia

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu dengan Paus Fransiskus di

Kemenperin Prediksi Industri Mamin Melesat 9%

JAKARTA-Kemenperin memproyeksikan industri makanan dan minuman dapat tumbuh di atas