Waspada Jarak Aman, Aktivitas Vulkanik Gunung Semeru Masih Tinggi

Sunday 18 Feb 2024, 12 : 18 pm
Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur

BANDUNG-Pusat Vulkanologi dan MItigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa aktivitas Gunung Api Semeru, Jawa Timur saat ini masih tinggi.

Masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 5 km dari kawah karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Kepala PVMBG Hendra Gunawan berharap masyarakat di sekitar Gunung Semeru tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya letusan dan awan panas guguran G. Semeru.

“Saat ini aktivitas vulkanik G. Semeru masih tinggi, didominasi gempa Letusan, Hembusan, Guguran dan Tremor Harmonik. Gempa vulkanik masih terekam secara intensif. Untuk itu, PVMBG meminta Masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar),” kata Hendra Gunawan dalam Konferensi Pers Badan Geologi Informasi Terkini Aktivitas Gunung Api Semeru di Bandung siang ini, Jumat (16/2).

Selain lontaran batu pijar, masyarakat juga diminta mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai keil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Meski mengalami peningkatan aktivitas vulkanik, PVMBG masih menetapkan status Gunung Semeru masih tetap pada Level I atau Siaga.

“Berdasarkan hasil pengamatan, analisis data visual maupun instrumental hingga tanggal 16 Februari pukul 09.00 WIB, maka tingkat aktivitas Gunung  Semeru mash tetap pada Level I (Siaga),” jelas Hendra.

Perkembangan terakhir aktivitas Gunung Semeru hingga 15 Februari 2024 adalah sebagai berikut :

o Aktivitas erupsi, awan panas dan guguran lava masih terjadi, namun secara visual jarang teramati karena terkendala dengan cuaca yang berkabut.

o Kegempaan Gunung Semeru didominasi oleh gempa-gempa dekat permukaan, mengindikasikan bahwa aktivtias Gunung Semeru pada saat ini didominasi oleh aktivitas magmatik pada kedalaman yang dangkal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sambut Ramadhan, Laznas Dewan Da’wah Bali Laksanakan Pengabdian Masyarakat

DENPASAR- Sebentar lagi umat muslim diseluruh dunia khususnya di Indonesia
suspensi, BEI, Saham HITS, KJEN

Pendapatan Melorot, Laba Bersih MDKA Anjlok Jadi USD5,87 Juta

JAKARTA-PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) pada Semester I-2021 hanya