IMF Puji Ekonomi Indonesia, INDEF: Tetap Waspada, Bisa Menjalar ke Indonesia

Wednesday 19 Oct 2022, 8 : 53 pm
Presiden Joko Widodo dan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto

JAKARTA-Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan, Indonesia adalah titik terang di tengah-tengah kesuraman ekonomi dunia.

Namun pemerintah harus tetap waspada, karena permasalahan global bisa menjalar ke Indonesia.

“Ketika global menurun, dampak ke Indonesia biasanya memang tidak separah yang lain (khususnya negara-negara yang memang terintegrasi dengan perdagangan internasional). Di sisi lain, Indonesia yang masih mengandalkan perekonomian domestik relatif diuntungkan dengan kondisi global yang suram ini tapi bukan tidak mungkin permasalahan global bisa menjalar ke Indonesia,” kata Ekonom INDEF Dzulfian Syafrian, Rabu (19/10/2022).

Permasalahan ekonomi dunia yang dimaksud antara lain, perdagangan internasional, pelemahan ekspor dan terhambatnya impor, dan juga dari sektor keuangan, seperti gejolak mata uang, pasar modal dan pasar surat utang.

Baca juga :  Peran Fiskal ke Sektor Riil Harus Ditingkatkan

“Gejolak di pasar keuangan ini akan menyebabkan fluktuasi. Volatilitas jadi semakin membesar yang membuat ketidakpastian menjadi lebih tinggi. Alhasil, perekonomian akan terhambat karena para aktor ekonomi (baik produsen dan konsumen) akan menunda keputusan ekonominya (jual-beli, simpan-pinjam, invest, dan lainnya). Ujung-ujungnya perekonomian nasional akan melambat,“ jelas Dzulfian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Misteri Angka 814 di TPS 47 Kelurahan Kelapa Dua Tangerang

TANGERANG-Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Tangerang tiba-tiba mencuat menjadi

Investor Saham Didominasi Milenial dan Gen Z, Nilai Aset Capai Rp144,07 Triliun

JAKARTA-(KSEI) mencatat jumlah investor saham di pasar modal Indonesia tembus