Alumni IPB Siap Kembangkan Benih Padi Unggul IPB 3S

Alumni IPB Siap Kembangkan Benih Padi Unggul IPB 3S

0
BERBAGI
Photo ilustrasi

BANDUNG-Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) siap mengembangkan dan mendistribusikan benih Padi IPB 3S.
Benih padi unggul IPB 3S merupakan inovasi IPB yang mempunyai keunggulan potensi hasil mencapai11.2-13.4 ton/ha, umur tanaman yang pendek sekitar 112 hari. “Benih padi unggul IPB 3S ini juga tahan terhadap kekeringan, tahan terhadap penyakit Tugro dan serangan hawar daun bakteri Patotipe III, tekstur nasi yang pulen dan cocok di tanam di berbagai jenis lahan,” ujar Ketua Umum Himpunan Alumni IPB (HA IPB) Bambang Hendroyono dalam kegiatan konsolidasi Dewan Pengurus Pusat, Dewan Pengurus Daerah dan Dewan Pengurus Cabang HA IPB di Cikole Jayagiri Resort Bandung dalam keterangannya Senin (10/10).

Bambang menjelaskan, upaya ini sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan benih Padi IPB 3S dan komitmen HA IPB bermanfaat untuk almamater dan masyarakat luas. “Himpunan Alumni IPB sangat mendukung pengembangan dan penyebarluasan benih padi IPB 3S. DPC Subang sudah memberikan contoh, berhasil menanam dengan produktifitasnya mencapai lebih  dari 8 ton/ha, ini diatas rata-rata produktfitas varietas lain,” kata Bambang.

Menurutnya, keberhasilan DPC Subang harus dikuatkan oleh DPP dan dilakukan oleh DPD dan DPC lain sehingga lebih tersebar luas dan merealisasikan program swasembada pangan nasional.
Namun saat ini pengembangannya terkendala ketersediaan benih sumber.

Himpunan Alumni IPB harus menjadi pelaku gerakan kemandirian pangan secara nasional dan di semua daerah melalui penguatan organisasi DPP, DPD dan DPC. “DPP HA IPB harus menjadi mitra Almamater dan Pemerintah Provinsi masing-masing untuk menerapkan teknologi dan inovasi IPB sebagai bentuk upaya bersama mencapai kemandirian pangan,” kata Bambang.

Bambang yang juga sebagai Sekjen Kementerian LHK.Benih Padi Unggul IPB 3S, menurutnya, sebagai tahap awal, selanjutnya harus ada lahan yang digarap oleh masing-masing DPD dan DPC HA IPB yang bisa melibatkan Pemprov. Sementara, DPP bertugas menguatkan kerjasama dengan Bogor Life Science and Technology (BLST), sebagai Holding Company IPB yang memproduksi Benih Padi Unggul IPB 3S, untuk menguatkan dukungan benih dan teknologinya. “Diharapkan menjelang Musyawarah Nasional (MUNAS) HA IPB tahun 2017, semua sudah panen dan menjadi gerakan nasional. Berkelanjutan, masif dan viral,” terangnya.

Pada acara konsolidasi, HA IPB juga memberikan bantuan ke SDN 4 dan 7 Cibogo berupa ruang baca, buku-buku pelajaran dan umum, bibit pohon, alat olahraga dan alat kebersihan. Santunan ke masyarakat hutan Desa Cikole dan penanaman pohon. Konsolidasi dihadiri oleh Dewan Pembina HA IPB, perwakilan DPC Subang, DPD Jawa Barat, DPD Aceh, DPD Banten, DPD Kalimantan Timur, dan DPD Maluku.