Bank DBS Indonesia Berbagi Strategi Transformasi Perbankan

14
Chief Executive Officer of DBS Bank, Piyush Gupta

JAKARTA-Bank DBS Indonesia kembali berpartisipasi dalam Konferensi Tech in Asia Jakarta yang merupakan ekosistem startup terbesar dan paling menjanjikan di Asia Tenggara. Pada kesempatan ini, Bank DBS Indonesia membagikan strategi transformasi bank dalam sesi ‘Balancing Between Junior and Senior Talent’ dalam kaitannya dengan ‘Towards Bank’s Transformational Strategy’’.

Sebagai bank pertama di dunia yang memegang tiga gelar bank terbaik dalam waktu bersamaan – ‘World’s Best Bank’ oleh Euromoney, ‘Best Bank in The World’ oleh Global Finance, dan ‘Global Bank of The Year’ oleh The Banker – Bank DBS Indonesia sadar untuk terus meningkatkan kualitas perusahaan dalam segala hal mulai dari produk, layanan, termasuk sumber daya manusianya.

“kita harus menata kembali dunia perbankan seiring dengan perkembangan zaman atau perbankan akan musnah. Oleh karena itu, Bank DBS Indonesia secara aktif melakukan penyesuaian di berbagai sisi, tidak terkecuali sumber daya manusia. Bank DBS Indonesia kerap berusaha menyeimbangkan junior dan senior talent untuk mencapai transformasi perbankan. Hal tersebut dapat dilihat dari komposisi talent dalam DBS Indonesia yang mencakup lintas generasi di mana generasi baby boomers sebanyak 1%, gen X sebanyak 31%, gen Y sebanyak 67%, dan gen Z sebanyak 1%,” ujar Chief Executive Officer of DBS Bank, Piyush Gupta.

Sementara itu, Managing Director, Head of Digital Banking, PT Bank DBS Indonesia, Leonardo Koesmanto, mengatakan, baik junior dan senior talent sama-sama memiliki peluang untuk menduduki posisi strategis di mana posisi Senior Associate ke bawah diisi oleh junior talent dan posisi Assistant Vice President (AVP) ke atas diisi oleh senior talent.

Saat ini, komposisi sumber daya manusia di DBS Indonesia didominasi oleh generasi milenial, di mana posisi-posisi strategis pun diduduki oleh generasi milenial, di antaranya sebanyak 49% menduduki posisi sebagai Vice President (VP) dan sebanyak 18% generasi milenial yang bekerja di DBS Indonesia menduduki posisi sebagai Assistant Vice President (AVP).