BNI Syariah Berikan Wakaf Al-Quran dan ATMB di iB Vaganza Medan

9
Direktur Bisnis Dan Syariah Bank Sumut, Tengku Mahmud Jefry, Direktur Kepatuhan dan Risiko BNI Syariah, Tribuana Tunggadewi, Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat, Kepala OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Yusup Ansori, Ketua MES Sumut, Tengku Erry Nuradi, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Pemprov Sumut, Syafruddin, perwakilan Walikota Medan, Ahmad Sofyan saat pembukaan iB Vaganza Medan dengan tema “Serunya Bertransaksi Syariah” bertempat di Plaza Medan Fair (20/9).

JAKARTA-BNI Syariah melakukan beberapa kegiatan dalam acara iB Vaganza Medan dari 20 September 2019 – 22 September 2019 diantaranya penyerahan secara simbolis program Wakaf Hasanah kepada Wakaf Daqu (nazhir) dan melakukan penyerahan simbolis ATM Beras kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid di Medan.

Kedua program ini merupakan kerjasama BNI Syariah dengan Yayasan Hasanah Titik. Wakaf Hasanah berupa pemberian 1000 Al-Quran untuk masjid di wilayah Sumatera Utara. Penyerahan 3 ATM Beras ke 3 masjid terkait program pemberdayaan Pelatihan Manajemen Masjid di Kota Medan yaitu Masjid Ar-Rivai, Masjid As-Syafiiyah, dan Masjid Al-Fajar.

Dengan adanya ATM Beras ini diharapkan dapat mempermudah masjid dalam penyaluran dana zakat, infaq dan shadaqahnya dengan tepat sasaran, sehingga salah satu tujuan Pelatihan Manajemen Masjid yang telah dilaksanakan BNI Syariah dapat terwujud. Hal ini untuk menjadikan Masjid bisa lebih professional dalam melakukan manajemen zakat, infaq, sadaqah (ZIS).

Acara iB Vaganza Medan dilaksanakan di Atrium Selatan Plaza Medan Fair, Medan, Sumatera Utara. Hadir Kepala Biro Administrasi Pembangunan Provinsi Sumatera Utara, Syafruddin; Kepala OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Yusup Ansori; Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat; Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi; perwakilan Walikota Medan, Ahmad Sofyan serta Direktur Kepatuhan & Risiko BNI Syariah, Tribuana Tunggadewi.

Tribuana Tunggadewi berharap iB Vaganza bisa menjadi jembatan bagi masyarakat khususnya kota Medan semakin meningkatkan pemahaman mengenai keunggulan produk dan layanan perbankan syariah. “Diharapkan acara ini bisa menjadi daya tarik masyarakat menggunakan produk bank syariah,” kata Dewi panggilan akrab Tribuana, Jumat (20/9).

iB Vaganza ini diharapkan bisa mendukung perkembangan perekonomian Syariah di wilayah Sumatera Utara. BNI Syariah bersinergi dengan industri keuangan syariah serta OJK dalam hal peningkatkan literasi keuangan melalui kegiatan yang mudah diterima dan dijangkau oleh masyarakat.

Diharapkan kehadiran perbankan syariah bisa meningkatkan terciptanya ekosistem halal yang dibutuhkan masyarakat. Expo iB Vaganza kali ini selain Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan 16 Bank Syariah juga diikuti oleh 2 industri keuangan non bank Syariah, 4 BPRS, dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) serta PT. Rintis Sejahtera. Dalam acara ini ditargetkan pembukaan 3000 rekening dengan volume sebesar Rp5 miliar.