CIMB Niaga Syariah Perluas Jaringan di Batam

52

BATAM-PT Bank CIMB Niaga Tbk terus memperluas jaringan layanan kantor cabang Syariah (KCS), salah satunya adalah KCS Batam.  Pembukaan KCS baru di Batam, Kepulauan Riau yang mulai beroperasi pada tanggal 19 Maret 2013 dan berlokasi di Ruko Mahkota Raya Blok C No 12 B dan 15, Batam Center, Batam, Kepulauan Riau, ini menjadikan jumlah jaringan layanan syariah CIMB Niaga sebanyak 29 Kantor Cabang Syariah (KCS), 1 Kantor Cabang Pembantu Syariah (KCPS), dan meningkatkan office channeling (OC) dari 533 menjadi 542 OC.

Untuk meningkatkan edukasi kepada masyarakat dan layanan kepada nasabah di Batam, CIMB Niaga Syariah menggelar syukuran dan silaturahim bersama mitra usaha di Batam pada tanggal 28 Juni 2013. Selain itu acara ini juga dilakukan untuk mendekatkan diri kepada nasabah setia CIMB Niaga Syariah dan juga sebagai ungkapan terima kasih kepada masyarakat yang telah menjadikan CIMB Niaga Syariah besar seperti sekarang ini.

Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga Handoyo Soebali, mengungkapkan, Kepulauan Riau khususnya kota Batam, memiliki potensi pengembangan syariah yang sangat besar. Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, seperti dikutip dari situs resminya menyebutkan, tekadnya untuk membangun daerahnya menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi nasional dengan tetap mempertahankan nilai-nilai budaya Melayu yang didukung oleh masyarakat.

Pengembangan budaya Melayu sebagai payung bagi budaya lainnya dalam kehidupan bermasyarakat, yang dipadukan dengan pengembangan wisata yang berbasis kelautan dan budaya setempat, menjadi salah satu misi dari pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerahnya. Sebagai bagian dari wilayah Kepulauan Riau, Batam memiliki lokasi yang strategis (dekat dengan Singapura dan Malaysia), dan cukup baik untuk berinvestasi, baik oleh investor lokal maupun investor asing. “Dengan tersedianya berbagai sarana dan prasarana yang sangat menunjang untuk kebutuhan usaha/bisnis dari para investor, seperti pelabuhan bongkar muat dengan standar internasional, kawasan industri, dan didukung free trade zone area, hal ini sangat mendukung iklim investasi di kota Batam,” kata Handoyo.

Berdasarkan Kajian Ekonomi Regional Triwulan IV/2012 Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau tercatat sebesar 8,21% lebih tinggi dari periode yang sama tahun 2011 sebesar 6,6%. Sektor industri pengolahan, dan sektor perdagangan, hotel, dan restoran masih menjadi penggerak utama perekonomian di Kepulauan Riau. Sebagai bagian dari Kepulauan Riau, Batam memiliki kontribusi yang cukup penting terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau melalui sektor bisnis dan pariwisatanya.

Melihat perkembangan itu, dan menjawab minat serta kebutuhan masyarakat Kepulauan Riau, khususnya kota Batam, Handoyo menambahkan, CIMB Niaga menghadirkan produk dan layanan perbankan syariah melalui pembukaan KCS Batam, setelah sebelumnya hadir di kota ini melalui layanan konvensionalnya. Tersedia produk pembiayaan dan simpanan yang didukung oleh jaringan distribusi elektronik seperti Go Mobile (mobile banking) termasuk Rekening Ponsel, CIMB Clicks (internet banking), Phone Banking 14041 dan 500 800, Cash Deposit Machine (CDM), Video Banking, hingga ATM.

CIMB Niaga Syariah menawarkan sejumlah produk simpanan seperti Tabungan iB X-Tra Syariah, Tabungan iB Junior, Tabungan iB Pendidikan, Tabungan iB Perencanaan, Tabungan iB Payroll, Tabunganku iB, dan Tabungan iB X-Tra Mudharabah. Selain itu produk giro iB CIMB Niaga Syariah yang didukung oleh kemudahan Transaction Banking (TB) dan Cash Management yang handal dan lengkap.

Untuk produk pembiayaan, CIMB Niaga Syariah memiliki produk pembiayaan iB kepemilikan rumah (PKR iB) CIMB Niaga Syariah, pembiayaan iB kepemilikan mobil, dan pembiayaan iB multiguna.

CIMB Niaga Syariah juga menyediakan produk pembiayaan modal kerja dan investasi untuk kebutuhan pengembangan usaha serta produk pembiayaan gadai emas (Rahn). CIMB Niaga Syariah juga memiliki produk kartu pembiayaan syariah bernama CIMB Niaga Syariah Gold Card untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi dimana pun dan kapan pun dengan tetap sesuai kaidah syariah. Kartu ini juga memiliki berbagai keistimewaan seperti gratis iuran tahunan seumur hidup (free for life) untuk kartu utama dengan limit dari Rp3 juta sampai Rp100 juta.

Selain itu CIMB Niaga Syariah juga menyediakan produk Trade Finance yaitu Bank Garansi iB, Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) iB, L/C Impor iB, dan L/C Ekspor iB. Untuk produk Treasury CIMB Niaga menyediakan Islamic FX Value Today, Islamic Murex, Islamic FTP, Islamic FX Bank Notes, Sertifikat Perdagangan Komoditi berdasarkan Prinsip Syariah (SiKA), dan Islamic Spot. Sementara itu untuk Transaction Banking CIMB Niaga Syariah menyediakan produk BizChannel, Virtual Account, [email protected], Kiriman Uang Valas iB, dan Money Gram.

Menurut Handoyo, hadirnya kantor cabang syariah baru ini menjadi bagian dari strategi bisnis CIMB Niaga untuk memperbesar skala bisnis syariah melalui penerapan Dual Banking Leverage Model (DBLM). Penerapan DBLM ini, turut memperluas dan mempermudah akses masyarakat yang hendak melakukan transaksi perbankan syariah di CIMB Niaga.
“Melalui sistem DBLM ini pula, kebutuhan masyarakat atas produk dan layanan Syariah yang lengkap serta memiliki kualitas setara dengan produk dan layanan perbankan induknya dapat terpenuhi,” ungkap Handoyo.