Hak Pilih Warga Hilang, Timses BaDja Terima Pengaduan

93
Ketua Tim pemenangan Basuki-Djarot, Prasetyo Edi Marsudi,

JAKARTA-Tim Pemenangan Basuki-Djarot menerima pengaduan warga DKI Jakarta atas berbagai ketidakadilan untuk mendapatkan hak suaranya karena dipersulit oleh petugas di berbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Tim Pemenangan Basuki-Djarot, Prasetyo Edi Marsudi menegaskan dalam pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta 2017 masih menemukan adanya penyelenggaraan pilkada yang belum profesional dilakukan oleh KPUD & Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta di berbagai TPS.

Informasi dari masyarakat menyebutkan bahwa sejumlah TPS di Jakarta mengalami peristiwa kekuarangan surat suara sehingga pemilih yang sudah antri dari pagi gagal menggunakan hak pilihnya secara sah akibat penyelenggara pilkada berlaku curang. TPS-TPS dimaksud antara lain TPS 21 Pegadungan, TPS 97 Kampung Gusti Teluk Gong, TPS Rusun Petamburan, TPS 04 Jamblang Jakarta Barat, TPS 89 Cengkareng, TPS 88 Cengkareng, TPS 13 Meruya Utara, TPS 47 Kelapa Gading, TPS 28 Apt. Medit II,TPS 22 Sawah Lio, TPS 33 Kemayoran, TPS 96 Cengkareng dan TPS 18 & 19 Petojo Utara.

Pras menjelaskan banyak nama pemilih yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), tetapi tidak mendapatkan surat C-6. Banyak pemilih yang tidak mendapatkan hak pilihnya berupa surat suara di berbagai TPS. “Untuk itu, kami masih mengumpulkan laporan pelanggaran-pelanggaran yang lain, serta menelusurinya. Kami akan menindaklanjuti semua laporan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Oleh karena itu, semua warga Jakarta yang dirugikan hak pilihnya dapat mengadukan ke Tim Advokasi Pemenangan Basuki-Djarot di Rumah Lembang”, tegas  Pras.

Sementara itu, Ace Hasan Syadzily, Sekretaris Tim Pemenangan Basuki-Djarot, berterima kasih kepada seluruh warga Jakarta yang telah berpartisipasi dalam Pilkada DKI Jakarta yang berlangsung dengan damai & lancar. “Kami juga berterima kasih kepada seluruh warga Jakarta yang telah memilih pasangan Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Saiful Hidayat yang hingga saat ini unggul sebagai Pemenang Pilkada DKI Jakarta 2017,” tambahnya.

Ace menambahkan tim pemenangan menyikapi perkembangan hasil perhitungan cepat Pilkada DKI Jakarta 2017, yang dilakukan oleh beberapa lembaga survey yang ditayangkan oleh berbagai media layar kaca ini, belum merupakan hasil resmi dari KPUD DKI Jakarta.